Inilah 10 Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan di Era Sekarang

upaya mengisi kemerdekaan tahun 2022 (1)

Indonesia meraih kemerdekaan dengan pertumpahan darah para pahlawan, sekarang upaya untuk mengisi kemerdekaan tidak lagi dengan berperang melawan penjajah. 

Melainkan mengisinya dengan kegiatan positif sebagai bentuk penghargaan terhadap usaha para pahlawan. Upaya yang bisa dilakukan tentu sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 

Kenapa Perlu Mengisi Kemerdekaan? 

Jika membahas mengenai daftar upaya untuk mengisi kemerdekaan, bagi beberapa orang mungkin bertanya-tanya. Yakni, kenapa harus melakukannya padahal bisa jadi mengurus diri sendiri saja masih kesulitan? 

Jadi, tidak peduli bagaimana kondisi yang dialami mengisi kemerdekaan adalah kewajiban dan kebutuhan seluruh warga negara Indonesia. Pasalnya kemerdekaan yang diperoleh RI 77 tahun yang lalu tidak didapatkan dengan cuma-cuma. 

Melainkan dengan penuh perjuangan, dan masyarakat Indonesia di masa tersebut harus ikhlas dijajah selama ratusan tahun. Oleh sebab itu sebagai bentuk penghargaan terhadap upaya meraih kemerdekaan para pahlawan. 

Maka kemerdekaan era sekarang harus dipertahankan dan diisi dengan kegiatan positif yang bisa memajukan bangsa dan negara. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan sebagai bentuk mengisi kemerdekaan RI? 

Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan 

Dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, tentunya ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan. Berikut beberapa upaya untuk mengisi kemerdekaan yang bisa dipertimbangkan: 

1. Pengabdian kepada Masyarakat 

Upaya pertama yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan RI adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Yakni dengan mengikuti atau menggelar kegiatan bakti sosial. 

Bisa dalam bentuk kerja bakti membersihkan lingkungan, mengajar anak-anak sekitar belajar membaca dan menulis, menyediakan buku untuk dibaca masyarakat, mendorong tersedianya fasilitas umum bermanfaat, dan lain-lain. 

Sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan kemerdekaan Indonesia tanpa merasa tersisihkan dan tertinggal jauh di belakang. 

2. Menghasilkan Karya Lewat Tulisan 

Upaya untuk mengisi kemerdekaan juga bisa dilakukan dengan menulis. Karya dalam bentuk tulisan berisi buah pikiran yang mengandung ilmu pengetahuan, wawasan, motivasi, dan inspirasi positif. 

Lewat tulisan seseorang bisa ikut mencerdaskan bangsa yang mendukung generasi muda Indonesia menjadi SDM berkualitas. Tulisan ini bisa dalam bentuk apapun, termasuk buku yang diterbitkan secara resmi. 

Kabar baiknya, ada promo kemerdekaan dari penerbit deepublish bisa dimanfaatkan. Disediakan diskon sampai 30% dan aneka fasilitas tambahan gratis untuk penerbitan naskah buku sepanjang bulan Agustus 2022. 

Manfaatkan promo ini agar karya tulis bisa diterbitkan secara ekonomis dan segera bermanfaat bagi masyarakat luas. 

3. Terlibat di Sektor Pendidikan 

Berikutnya adalah mencoba terlibat langsung di sektor pendidikan, baik dengan menjadi guru, dosen, guru ngaji, maupun membuka les privat. Kenapa? Sebab dengan terjun di dunia pendidikan maka akan membangun generasi yang berkualitas. 

Generasi inilah yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan merdeka. Sehingga terlibat langsung di dalamnya bisa memberikan kontribusi yang lebih nyata. 

4. Mendukung Produk dalam Negeri 

Menggunakan produk lokal atau produk karya anak bangsa ternyata juga menjadi upaya untuk mengisi kemerdekaan. Sebab dengan langkah ini produk di dalam negeri semakin kuat dan penyedianya bisa semakin tumbuh berkembang. 

Tidak tertutup kemungkinan produk lokal ini masuk ke pasar mancanegara dan membuat Indonesia semakin dikenal dunia. Usaha di dalam negeri juga akan tumbuh baik dan masyarakat bisa hidup lebih layak karena perekonomian yang terus membaik. 

5. Mengenal dan Memperkenalkan Budaya Indonesia 

Upaya berikutnya adalah dengan mengenal dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Kenapa? Sebab dengan upaya ini maka Indonesia semakin dikenal luas dan diakui kedaulatannya sebagai negara yang merdeka. 

Dengan adanya internet, proses memperkenalkan budaya Indonesia semakin mudah. Misalnya mengunggah video pentas seni budaya di Youtube, Instagram, Facebook, dan media online lainnya. 

6. Membangun Sikap Toleransi 

Indonesia memiliki bentuk negara kepualauan yang kemudian menjadikannya kaya akan budaya. Kenaekaragaman budaya tersebut merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga dan tentunya diakui tanpa merasa ada yang paling superior. 

Maka upaya untuk mengisi kemerdekaan di era sekarang tidak bisa dilepaskan dari membangun sikap toleransi. Pasalnya Indonesia tidak akan pernah ada tanpa ada keanekaragaman tersebut. 

Oleh sebab itu, masing-masing harus bisa menghargai perbedaan di sekitarnya. Sebab berbeda itu indah dan bisa mencerminkan prinsip Bhineka Tunggal Ika yang maknanya “berbeda-beda tetapi tetap satu”.  

7. Meramaikan Kegiatan Kemerdekaan 

Selama bulan Agustus, dijamin akan ada banyak kegiatan yang ditujukan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Sebagai upaya mengisi kemerdekaan, silahkan berpartisipasi dalam acara tersebut. 

Entah itu pentas seni, lomba kemerdekaan, dan lain sebagainya. Sebab keikutsertaan dalam berbagai lomba menunjukan bahwa diri sendiri ikut mengisi kegiatan kemerdekaan. 

Apalagi berbagai acara kemerdekaan tersebut dijamin bisa mempererat tali persaudaraan dan semua pihak saling bekerja sama agar acara berjalan lancar. Hubungan sosial yang membaik akan menjadikan kemerdekaan lebih terasa. 

8. Memperdalam Ilmu dan Keterampilan 

Jika tergolong introvert, maka bisa mengisi kemerdekaan dengan memperdalam ilmu dan mengasah keterampilan. Kenapa? Sebab upaya untuk mengisi kemerdekaan juga bisa dengan memajukan diri sendiri agar menjadi SDM berkualitas. 

SDM berkualitas adalah hasil dari kualitas sistem pemerintahan yang baik setelah merdeka. Menjadi SDM berkualitas tentunya tidak cukup hanya sekedar menunggu bantuan dari pemerintah, melainkan diusahakan sendiri. 

Jadi, silahkan aktif mengembangkan diri dengan melanjutkan pendidikan formal, ikut berbagai kursus, mengikuti banyak pelatihan, dan lain sebagainya. Semakin tinggi ilmu dan keterampilan semakin besar kontribusi bisa diberikan kepada Indonesia sebagai negara yang merdeka. 

9. Menjaga Kelestarian Budaya Indonesia 

Upaya berikutnya adalah menjaga kelestarian budaya Indonesia yang sangat beragam. Sebab budaya inilah yang ikut diperjuangkan oleh para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. 

Tanpa usaha para pahlawan tidak mungkin Indonesia masih ada dan memiliki budaya yang beragam seperti yang dikenal sekarang. Artinya, sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan sudah sepatutnya ikut menjaga budaya Indonesia. 

Upaya yang bisa dilakukan beragam, misalnya dengan belajar kesenian daerah, ikut menonton pertunjukan kesenian daerah seperti wayang, dan juga memperkenalkannya kepada dunia melalui internet. 

10. Memasang Bendera Merah Putih 

Selama bulan Agustus, dijamin semua rumah akan mengibarkan bendera merah putih dan menempatkannya di depan rumah. Memasang bendera merah putih juga bentuk penghargaan terhadap usaha para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. 

Sekaligus ikut memeriahkan suasana perayaan kemerdekaan RI yang tahun ini masuk tahun ke-77. Jadi, sudahkah memasang bendera merah putih di depan rumah? Jika belum segera saja dilakukan. 

Apalagi sepanjang bulan Agustus biasanya banyak orang yang menjual bendera merah putih dan atribut kemerdekaan lainnya. Sehingga tidak akan susah menyediakan bendera dan mengibarkannya selama satu bulan penuh. 

Selain yang dijelaskan di atas, masih banyak lagi upaya untuk mengisi kemerdekaan bisa dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga persatuan bangsa dan juga menunjukan eksistensi Indonesia kepada dunia. Sehingga bisa menjadi generasi yang sukses mengisi kemerdekaan dengan cara yang positif. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.