Ukuran Meja dan Ukuran Rak Buku Perpustakaan Ideal

  • Whatsapp
jenis bahan ajar

Ingin punya perpustakaan sendiri? Nah, jika ingin membuat perpustakaan sendiri ada banyak hal yang wajib kamu ketahui. Teruntuk buat kamu yang ingin membuat perpustakaan yang mengikuti standar perpustakaan. Pastinya tidak sekedar dan tidak sembarang perpustakaan yang dibangun di lahan kecil.

Dibutuhkan lahan yang besar dan penting juga mengikuti standar pemilihan ukuran rak buku perpustakaan. Membicarakan soal rak buku, ternyata ada ukuran rak buku perpustakaan yang ternyata banyak perpustakaan desa ataupun perpustakaan pribadi yang tidak memenuhi standar ini. Tentu saja ada banyak alasan dan faktor penyebabnya, salah satunya bisa disebabkan masalah pendanaan.

Masalah ukuran rak buku perpustakaan saja ternyata ada aturan standarnya. Padahal selama ini saya yakin banyak orang bahkan pengunjung perpustakaan yang tidak tahu akan hal ini. Pantas saja hampir semua perpustakaan memiliki rak-rak buku yang hampir sama dan memiliki setting pengaturan tata letak yang hampir sama, meskipun tidak sama persis.

Lantas, apakah seorang pengrajin rak buku juga tidak tahu? Pengrajin rak buku yang bermitra dengan perpustakaan tentu saja banyak yang sudah tahu ukuran standarnya. Selain masalah tentang ukuran rak buku, ada pula beberapa poin yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin membuat perpustakaan yang terstandar loh. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini. 

Mengintip Area Koleksi Buku – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Pastinya kamu pernah masuk ke perpustakaan daerah atau perpustakaan pusat di kota kamu bukan? Jika sudah pernah, pasti ada bebera area. Pada umumnya area koleksi buku dapat di bagi menjadi dua bagian. Ada di bagian sebelah kiri. Tiap bagiannya bisa di isi 45 rak buku yang masing-masing rak dibagi menjadi 2 ukuran. Ukuran rak sisi kiri sejumlah 44 rak dibuat dengan ukuran 185 x 45 x200 cm. Rak sisi satunya dibuat ukuran 120 x 45 x 200 cm. 

Terkait dengan penempatan rak antar rak juga di atur jaraknya loh. Pastikan rak susun secara paralel dan di beri jarak horizontal untuk sirkulasi sejauh 90 – 110 cm. Selain jarak horizontal, juga perlu diberi jarak secara vertikal untuk zona sirkulasi sejauh 60 – 110 cm. Nah, dari area koleksi buku ini kamu pun tahu, ternyata juga ada standar atau aturannya. Jika dilihat dari aturan di atas, jika diterapkan untuk perpustakaan di rumah, mungkin tidak cukup. Maka dari itu, satu rak saja di rumah untuk perpustakaan rumah sebenarnya cukup, tanpa harus ada jarak horizontal ataupun vertikal. 

Area Koleksi Buku Kanan – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Jika di sub bab sebelumnya fokus pada pembagian area di sisi kiri, maka ada pengaturan rak di sisi kanan. Pengaturan rak sisi kanan juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu sisi kiri ada 47 rak buku yang dibagi menjadi dua ukuran. Untuk 37 rak ukurannya 185 x 45 x 200 cm, dan 10 rak lainnya berukuran 120 x 45 x 200 cm. Sama dengan halnya area koleksi sisi kiri, di sisi kanan dari tata letak juga diatur secara paralel untuk zona sirkulasi. 

Jarak rak secara paralel secara horizontal sejauh 100 – 140 cm dan jara vertikal untuk sirkulasi bisa 85 – 100 cm. 

Area Baca Tengah – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Karena setiap perpustakaan kota relatif memiliki ruang besar, pasti perpustakaan tersebut juga memiliki area baca tengah. Area baca tengah ini ada tiga bagian, dimana ketiga bagian memiliki ukurannya masing-masing. 

Misalnya ada bagian baca bersama atau ruang untuk publik yang juga diberi meja. Nah, meja yang disediakan pun juga ada stadar ukurannya loh. Ada beberapa variasi ukuran meja, meja untuk 4 orang bisa menggunakan ukuran mea 100×200 cm, sedangkan untuk 7 meja bisa ada 28 tempat duduk. Dimana keduanya desain untuk tempat lesehan. 

Area untuk tempat lesehan bisa menggunakan karpet. Tentu saja ada standar ukuran karpet. Untuk karpet ukuran 250 x 250 cm standarnya menggunakan meja pendek 80 x 80 cm. Ada juga area untuk baca individu. Tentu saja ini juga memiliki standar ukurannya sendiri. Jadi satu pengguna maksimal dapat menggunakan meja 6 pasang dengan ukuran 90 – 60 cm. 

Area Baca Kiri – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Jadi area baca kiri adalah area untuk membaca secara individu. Standar menggunakan meja, bisa menggunakan 11 meja baca, masing-masing meja berukuran 90 x 60 cm yang diletakan mengelilingi area baca dan disusun secara berjajar di setiap dinding perpustakaan bagian dalam. nah, buat kamu yang sering mengunjungi perpustakaan pasti tahu maksud desain ini. 

Desain tempat duduk seperti ini ternyata cukup memberikan area privat dan kenyamanan bagi penggunjung perpustakaan loh. Tidak hanya itu, di tempat ini pun pengunjung bisa bebas mengerjakan tugas tanpa terganggu oleh orang di dekat kita. 

Area Baca Kanan – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Jika ada area baca kiri, tentu saja ada juga area baca kanann. Ada yang unik, di area baca kanan ada 20 meja baca privat yang memiliki ukuran meja sama dengan meja area baca kiri yaitu 90 x 60 cm. Penyusunan meja juga di susun secara berjajar. Jadi tetap sama layoutnya, hanya besa sisi saja. 

Area Peminjaman – Ukuran Rak Buku Perpustakaan

Nah, karena konsepnya adalah perpustakaan umum, maka ada area peminjaman. Area peminjaman ini adalah area yang digunakan pengunjung untuk mencatat buku yang akan dibawa pulang sekaligus sebagai tempat pengembalian. Rata-rata area peminjaman terletak di sisi pinggir yang menggunakan meja ukuran 120 x 80 cm sebanyak 10 unit. Ada juga meja sebanyak 2 unit berukuran 160 x 80 cm loh. Kemudian di bagian tengah meja, ada dua buah lagi berukuran 200 x 100 cm. Sayangnya untuk perpustakaan yang belum tervasilitasi banyak yang tidak menerapkan standar ini.

Itulah enam ukuran rak buku perpustakaan yang perlu kamu ketahui jika ingin membuat perpustakaan yang terstandarisasi. Tentu saja ada standarnya masing-masing. Memang ada bbeberapa macam perpustakaan berdasarkan kebutuhannya. Ada perpustakaan untuk perguruan tinggi, luas untuk perpustakaan perguruan tinggi minimal 0,5 m persegi gedung. Tentu saja akan berbeda jika perpustakaan tingkat daerah atau kota, minimal gedung perpustakaan berukuran 600 m persegi yang di dalamnya ada ruang koleksi, ruang serba guna, ruang baca anak, ruang kepala, ruang administrasi, ruang dewasa, ruang pengolahan dan ruang teknologi informasi dan masih banyak lagi.

Nah, melihat beberapa ulasan di atas setidaknya sudah ada gambaran ukuran rak buku perpustakaan dan ruang gedung minimal sesuai standar. Tentu saja ini dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak agar realisasi memiliki perpustakaan terwujud. 

Jika membuat perpustakaan terlalu tinggi, kamu bisa kok jadi pustakawan di perpustakaan. Semoga dengan ulasan ini memberikan gambaran dan memberikan manfaat dan salam literasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *