Tips Memilih Penerbit Dengan Harga Cetak Murah di Jogja

Tips Memilih Penerbit Dengan Harga Cetak Murah di Jogja

Tips Memilih Penerbit Dengan Harga Cetak Buku Murah di Jogja – Harga cetak buku murah menentukan biaya dalam pembuatan buku. Ya, hal ini berkaitan dengan proses cetak buku Anda. Jika Anda memutuskan untuk menerbitkan buku sendiri, maka harga cetak buku menjadi pertimbangan untuk memiliki penerbit dan percetakan yang tepat.

Untuk memilih penerbit dan percetakan yang sesuai dengan budget, Anda tidak bisa asal pilih. Apalagi jika Anda ingin kualitas buku Anda terjaga. Agar harga cetak buku bisa diminimalisir dan Anda mendapatkan kualitas buku yang bagus, berikut ini tips memilih penerbit buku yang sesuai budget Anda. 

Tips Memilih Penerbit Dengan Harga Cetak Buku Murah di Jogja

1. Cerdas Memilih Penerbit Buku

Ada banyak penerbit di Indonesia, khususnya di Kota Jogja, maka untuk mendapatkan harga cetak buku yang murah, Anda harus cermat dalam memilih. Tidak semua penerbit bisa disamaratakan. Sebab tiap penerbit punya kekhususan sendiri dalam menerbitkan buku.

Ada beberapa jenis penerbit yang ada di Indonesia, ada penerbit penerbit buku yang terkenal karena buku populer, buku dengan tema tertentu, novel, bahkan buku ajar dan buku teks. 

Pertama kali yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu penerbit-penerbit dan genre buku yang diterbitkannya. Mencari nama penerbit yang sering menerbitkan buku seperti genre naskah buku Anda bisa dilakukan dengan mengunjungi toko buku.

Jika sudah menemukan penerbit yang pas, Anda bisa mencatat alamat dan kontaknya untuk dihubungi. Mencari penerbit juga bisa dilakukan dengan menelusuri website tempat-tempat menerbitkan buku yang sesuai genre naskah Anda.

Memilih penerbit buku secara cerdas dapat membantu Anda dalam mencari informasi harga cetak buku di sana. Hal ini tentu akan berkaitan dengan budget yang akan Anda keluarkan jika Anda memilih menerbitkan buku di penerbit indie. 

2. Menghubungi Rekan Penulis

Rekan sesama penulis yang sudah memiliki pengalaman menerbitkan buku, bisa Anda jadikan rujukan untuk mencari referensi penerbit buku yang tepat bagi Anda. Anda juga bisa menanyakan harga cetak buku murah di penerbit mana yang sesuai budget Anda.

Darinya, Anda dapat bertanya cara menerbitkan buku, juga menanyakan manakah penerbit yang cocok untuk naskah Anda dan bagaimana prosedur penerbitannya.

Lebih jauh, Anda bisa mencari jawaban tentang kriteria naskah yang berpeluang untuk diterima penerbit. Anda bisa juga menanyakan kelebihan dan kekurangan penerbit untuk mempertimbangkan tujuan pengiriman naskah.

Baca juga : Penulis Online – Cara Supaya Naskah Diterima Penerbit dan Agen Artikel

3. Ikut Komunitas Penulis 

Untuk mengetahui informasi terbaru tentang penerbit dengan harga cetak buku murah Anda juga bisa bergabung dengan rekan komunitas penulis. Dengan ikut komunitas penulis atau gabung dengan grup penulis, Anda akan lebih banyak mendapatkan referensi penerbit buku.

Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan seputar cara menerbitkan buku atau info dari dunia menulis lainnya. Menjadi bagian dari komunitas atau suatu kelompok tidaklah merugi untuk dilakukan.

Banyak pengalaman dan informasi dari dunia tulis-menulis yang bisa dibagikan, tak terkecuali informasi tentang penerbit buku yang bisa dijadikan mitra penulis dengan harga cetak buku yang murah.

Mencari tahu dan memahami penerbit dari segala macam genre akan menghindarkan Anda dari kesalahan memilih mitra untuk bekerjasama dengan penerbit.

Hal ini berkaitan dengan diterima atau tidaknya naskah Anda. Seperti diketahui, ketika Anda selesai menulis naskah, Anda dihadapkan pada pilihan mau ke penerbit mayor atau indie.

Jika pilihan Anda pada penerbit mayor, mungkin Anda memang tidak perlu terlalu pusing memikirkan harga cetak buku Anda. Namun tantangannya Anda harus bisa menembus seleksi dari mereka dengan estimasi waktu yang tidak sebentar. 

Berbeda ketika Anda memilih self publishing dan menerbitkan buku secara indie, Anda memang akan memikirkan harga cetak buku, namun Anda bisa mengatur berapa banyak buku yang akan diterbitkan dan Anda juga mendapatkan kemudahan dalam menerbitkan buku tanpa harus menunggu lama. 

4. Pertimbangkan Biaya Penerbitan

Pada bagian ini, Anda memang harus lebih jeli dan detail. Sebagai seorang penulis, Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya biaya penerbitan, harga jual buku, dan royalti yang akan diterima. Tentu juga bagaimana harga cetak buku yang harus dikeluarkan.

Pastikan juga bahwa penerbit yang Anda pilih telah menyediakan fasilitas pembuatan ISBN/ISSN. Jika buku Anda sudah terdaftar ISBN/ISSN, Anda  tidak setengah-setengah dalam menerbitkan buku.

Penerbit yang bisa Anda coba untuk mendapatkan harga cetak buku murah salah satunya yaitu Penerbit Deepublish. Bekerjasama dengan Penerbit Deepublish akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam menerbitkan naskah yang telah Anda tulis.

Proses penerbitan buku selama kurang-lebih enam pekan sudah termasuk dua pekan proses cetaknya. Pengurusan registrasi ISBN/ISSN gratis. Pengerjaan percetakan akan disesuaikan dengan menerapkan metode pembobotan antrian dengan kecepatan dan ketepatan tinggi. Royalti yang diberikan pun lebih menguntungkan bagi penulis.

Dalam mencetak buku, Penerbit Deepublish akan berusaha seefisien mungkin memaksimalkan royalti dari penulis. Soal harga cetak buku? Penerbit Deepublish bisa mencetak jumlah eksemplar sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Portofolio Penerbit

Ada poin lainnya lagi yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih penerbit yakni portofolio mereka. Carilah penerbit yang sudah jelas telah menerbitkan buku berkualitas. Anda bisa melihat dari ada beberapa kerjasama yang telah mereka lakukan dengan penulis lain.

Penerbit Deepublish misalnya, Sesuai dengan salah satu misinya, Penerbit Deepublish didirikan untuk “Menyediakan Sarana Prasarana serta Buku-Buku Pendidikan Berkualitas yang Dibutuhkan Masyarakat”. 

Dalam mencapai tujuannya, Deepublish hingga kini telah bekerjasama dengan 879 penulis yang sebagian besar merupakan dosen. Institusi atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Penerbit Deepublish telah terhitung kurang lebih ada 224 institusi. Dengan begitu, para penulis yang juga merupakan akademisi akan banyak terbantu dalam menyediakan sarana belajar bagi mahasiswa di kampus.

6. Penyuntingan dan Layout

Bukan hanya harga cetak buku saja yang diperhatikan, namun seringkali penulis lupa bahwa komponen penyuntingan dan layout menjadi bagian yang penting pada saat buku diterbitkan. Kualitas buku dapat dilihat dari tidak adanya kesalahan di dalamnya. Sebagai tim penulis buku maka Anda harus meminimalisir kesalahan penulisan. Nggak lucu kan, ketika buku sudah terbit masih terdapat kesalahan kata atau kalimat yang rancu. Untuk itu editor sangat berperan di sini.

Penyuntingan naskah tidak hanya berada pada ejaan. Tapi juga konten yang ada di dalamnya. Kalau dalam cerpen atau novel, editing masuk pula ke dalam logika cerita. Sebab editor bukan melulu pada ejaan. Anda bisa cari sendiri berapa harga editing yang sering ditawarkan. Dalam tata letak (layouting), ini dimaksudkan agar tulisan penulis yang dikirim via email, mudah dibaca ketika sudah dicetak. 

Biasanya penerbit yang sudah punya jam terbang tinggi, menyediakan fasilitas ini. Sehingga jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan dalam layout dan desain, Anda bisa meminta bantuan dari mereka.

Buatlah layout yang enak untuk dibaca, tidak lupa juga pikirkan desain sampul yang menarik perhatian. Memang benar “Do not judge a book by cover”, tapi perwajahan sampul yang menarik bisa membuat penulis lebih PD dan bangga. 

Semua kriteria di atas bisa Anda temukan ketika memilih Penerbit Deepublish sebagai pilihan Anda dalam menerbitkan buku. Jika Anda masih bingung, Penerbit Deepublish siap menyediakan layanan konsultasi bagi penulis.

Soal harga tak perlu ditanya, Penerbit Deepublish menawarkan harga kompetitif dengan kualitas terbitan yang tak perlu diragukan lagi. Tertarik mencobanya? Segeralah menghubungi Penerbit Deepublish sekarang juga.

Baca juga : Mengenal Berbagai Jenis Percetakan Buku di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *