5 Pilihan Printer untuk Percetakan Buku

5 Pilihan Printer untuk Percetakan Buku

Printer merupakan salah satu alat penting yang digunakan untuk mencetak buku. Untuk mendapatkan kualitas cetakan yang bagus maka dibutuhkan printer untuk percetakan buku dengan kualitas yang baik pula.

Printer atau pencetak sendiri adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas.

Bagi Anda yang ingin mencetak buku ada baiknya mengetahui printer untuk percetakan buku. Dengan cara ini Anda bisa menilai kualitas cetakan dari percetakan yang Anda pilih.

Berikut ini kami ulas rekomendasi printer untuk percetakan buku :

Canon Pixma IX 6560

Printer untuk percetakan buku satu ini dianggap yang terbaik oleh banyak usaha percetakan yang pernah menggunakannya.

Canon Pixma IX 6560

Dengan resolusi yang ditawarkan 9600×2400 dpi, kualitas cetak printer yang satu ini sangat terjamin dan tidak perlu diragukan lagi. Belum lagi dengan dilengkapinya teknologi inkjet yang memiliki kecepatan cetak sangat baik.

Brother MFC-J3720

Jenis printer untuk percetakan buku A3 lainnya yang memiliki spesifikasi tidak kalah dengan Canon Pixma adalah Brother MFC-3720. Meski harganya dua kali lipat dari Canon Pixma, kalangan perusahaan percetakan beranggapan jika harga yang ditawarkan justru cukup murah, sesuai dengan kelebihan yang diberikan.

Brother MFC-J3720

Brother MFC-3720 ini juga menjadi yang terbaik dan favorit banyak perusahaan percetakan. Selain performa cetaknya yang luar biasa, printer ini juga andal dalam melakukan banyak pekerjaan lainnya seperti scan, fax hingga copy. Dilengkapi juga dengan fitur wireless yang memungkinkan teknik cetak tanpa kabel melainkan hanya tersambung wifi.

Epson L1800

Epson dinilai sebagai produk printer percetakan buku dengan kualitas mumpuni. Printer untuk percetakan buku ini memiliki seri printer A3 yang mumpuni meski tidak dilengkapi dengan banyak kemampuan lengkap lainnya seperti yang ditawarkan Brother. Epson L1800 ini menjadi favorit banyak percetakan karena kemampuan cetaknya yang luar biasa. Tidak main-main, dengan hanya memiliki kemampuan cetak saja, harga Epson L1800 bahkan di atas Brother.

Epson L1800

Epson L1800 menggunakan 6 jenis warna dari magenta, yellow, cyan, black, light cyan dan light magenta. Kombinasi keenam warna ini membuat hasil cetak dokumen menjadi lebih baik bahkan diklaim memiliki kualitas sangat tinggi. Resolusi maksimal yang ditawarkan 5760×1440 dpi.

Epson Stylush Photo 1390

Epson memang raja mesin printer untuk percetakan buku. Tidak cukup satu, namun Epson juga mengeluarkan seri printer A3 lainnya yang memiliki spesifikasi sangat mumpuni. Untuk usaha percetakan, Epson Stylush Photo 1390 ini menjadi favorit para arsitek hingga kantor desain grafis yang membutuhkan mesin cetak dengan kemampuan bekerja lebih kompleks. Kualitas cetaknya tidak perlu ditanya lagi, tentunya luar biasa bagus dan hebatnya harganya lebih murah dibanding Epson L1800.

Epson Stylush Photo 1390

Resolusi maksimal yang ditawarkan Epson Stylush Photo 1390 ini adalah 5760×1440 dpi. Sementara kapasitas kertas yang mampu diakomodirnya adalah 120 sheets.

All In One Epson L1455

Jika dua printer sebelumnya Epson L1800 dan Epson Stylush Photo 1390 hanya menawarkan printer dengan kemampuan cetak saja, seri yang satu ini berbeda.

printer untuk percetakan buku All In One Epson L1455

Printer All In One Epson L1455 ini justru memiliki banyak kemampuan handal tidak hanya sebagai mesin cetak saja. Melainkan juga dapat digunakan untuk copy, scan dan juga fax. Kemampuan cetaknya juga sangat fleksibel dengan maksimal ukuran kertas adalah A3 yang memiliki resolusi 9600 dpi.

Dalam mengedepankan kualitasnya, Penerbit Deepublish juga menggunakan printer untuk percetakan buku dengan salah satu printer di atas. Detail mengenai teknis bisa Anda tanyakan melalui CS Penerbit Deepublish. Semoga informasi ini membantu Anda dalam memilih penerbit yang tepat. Selamat menulis, ayo terbitkan buku Anda sekarang!


Baca juga : Cara Membuat Percetakan Buku yang Sukses

Comments are closed.