Milih Tema dan Percetakan Buku Tahunan Sekolah

Milih Tema dan Percetakan Buku Tahunan Sekolah

Sebelum memutuskan untuk ke percetakan buku tahunan sekolah, sudahkah kamu menentukan tema untuk buku tahunanmu? Tema buku tahunan ini seringkali menjadi topik yang menyenangkan dikalangan pelajar. Setelah pusing ujian akhir sekolah, baik SMP maupun SMA biasanya telah menyiapkan buku tahunan yang juga berfungsi sebagai buku kenangan.

Tentu dalam momen tersebut, kita tidak ingin dong asal-asalan. Apalagi buku tahunan sebagai tanda perpisahan dengan teman sekolah. Untuk itu pilihlah tema buku tahunan yang sesuai dengan kelasmu. Terdapat banyak tema-tema yang bisa kamu pilih. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya ke pihak percetakan buku tahunan sekolah.

Daripada kelamaan bingung, berikut ini kami bagikan beberapa tema yang bisa kamu pilih sebagai konsep dan tema buku tahunanmu.

Contoh Tema Konsep Buku Tahunan :

1. Ala-ala tahanan

Fotonya pasti diedit total supaya ada efek berada dalam jeruji. Anak-anak satu kelas juga pada disuruh pake baju samaan, kalo engga seragam sekolah, kaos putih, atau kaos hitam. Sebuah papan ala-ala foto tahanan pasti dibawa dan digilir sebagai properti foto. Plis deh, udah basi banget.

2. Piknik di taman

Pose ketika piknik di taman terlihat norak karena klise. Pasti bawa kain yang pada akhirnya akan jadi tatakan. Pasti bawa gitar. Pasti ada yang pake kacamata hitam untuk disangkut ke kepala. Pasti ada yang gayanya pura-pura makan.

3. Anak gaul kekinian

Fotonya di tempat dengan latar belakang tembok bata, kontainer warna-warni, latar belakang dengan motif kotak-kotak, hingga tempat berpemandangan bagus. Bajunya pake yang casual lengkap dengan sepatu andalan nih. Bawa properti gaul macam kamera, skate, gitar, atau vespa.

4. Nightlife

Tema “kehidupan malam” diinterpretasikan jadi dua sama anak-anak SMA yang kebingungan nyari tema foto. Bisa jadi fotonya berubah jadi ala-ala clubbing. Bisa jadi melenceng jauh dengan tema ngasal aja yang penting difotonya malam-malam. Yah. Yaudah terima aja.

5. Tema Sekolah

Ada juga sih yang mencoba logika terbalik. Ketika temen-temen berusaha foto tanpa ada identitas sekolah, satu kelas mungkin nyeleneh dengan foto yang ada identitas sekolahnya. Biasanya, dipotretnya pake baju seragam sehabis jam pulang sekolah atau saat weekend.

Dalam memilih percetakan buku tahunan sekolah, perhatikan beberapa hal ini :

  1. Utamakan yang Reputasi Percetakan yang Baik

Anda masih awam dalam memilih jasa percetakan? Tidak apa-apa. Anda bisa memilih jasa percetakan buku tahunan sekolah berdasarkan reputasi mereka. Bagaimana cara melihatnya?

Kamu bisa menilai dari testimonial dari klien yang sudah pernah menggunakan jasa percetakan tersebut. Semakin banyak testimonial positif yang diberikan pada suatu jasa, maka kemungkinan besar jasa tersebut memang terpercaya dan membuat pelanggannya merasa puas.

  1. Cek Kualitas Hasil Produksi

Sebagai konsumen Anda berhak melihat hasil portfolio dari jasa percetakan buku tahunan yang kamu pilih. Tidak ada salahnya kok jika kamu meminta sample atau contoh produk hasilnya. Kamu bisa mengetahui hasil produksinya dari website untuk mengetahui hasil produksinya, kamu pun juga bisa meminta untuk dibawakan langsung.

  1. Berapa Biaya Cetaknya

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya menjadi poin penting dalam memilih jasa percetakan. Misalnya saja jika Anda telah menentukan vendor yang tepat dan sudah sreg dengan segala macam fasilitasnya, tapi harganya sangat tidak bersahabat dengan budget yang tersedia.

Cobalah untuk menanyakan harga terlebih dahulu ketika pertama kali menghubungi jasa percetakan. Dengan begitu kamu jadi bisa membuat pertimbangan lainnya setelah sreg dengan harga yang ditawarkan.

  1. Waktu Pengerjaan

Salah satu yang bisa dinilai dari percetakan buku tahunan sekolah yang bagus adalah lama waktu pengerjaan. Kamu wajib bertanya tentang lama waktu pengerjaannya. Jangan sampai durasi pengerjaannya lebih lama dan melewati tanggal di mana kamu sudah lulus dari sekolah.


Baca juga : Cara Membuat Percetakan Buku yang Sukses

Comments are closed.