3 Cara Agar Hasil Percetakan Buku Majalah Tajam dan Berkualitas

3 Cara Agar Hasil Percetakan Buku Majalah Tajam dan Berkualitas

Anda sedang binggung mencari percetakan buku majalah untuk bisnis Anda? Tenang karena sekarang ada banyak pilihan percetakan yang menawarkan beragam macam. Salah satunya menawarkan keragaman harga yang miring, kualitas bagus dan masih banyak lagi.

Sekarang Anda pun tidak perlu jauh jauh mencari percetakan buku majalah. Bisa saya jamin, setiap daerah di dekat lokasi Anda ada yang membuka jasa percetakan majalah. Menyinggung tentang jasa percetakan, ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai nih. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dari Jasa Percetakan Buku Majalah :

Metode Percetakan Buku Majalah

Di dunia percetakan buku majalah setidaknya ada beberapa metode yang harus Anda kuasai, agar tidak terjadi penyalahgunaan. Ada tiga metode percetakan, pertama adalah percetakan Hitam putih. Jadi buat Anda bisa mencetak buku majalah Anda menggunakan tinta hitam putih. Dari segi harga, pastinya jauh lebih murah dibandingkan menggunakan metode full color.

Kedua, metode Full color, sudah jelas bahwa buku majalah bisa Anda cetak menggunakan full color. Biasannya untuk majalah yang kualitas bagus, lebih sering menggunakan metode full color. Selain karena tampilanya lebih berwarna-warni, pembeli juga lebih senang dengan tampilan menarik full color, karena lebih betah membaca majalahnya.

Sedangkan untuk kepentingan cetak buku, sedikit yang menggunakan metode full color. Meskipun demikian, tetap ada juga lo buku full color, terutama buku untuk anak-anak. Karena pertimbangannya anak-anak senang dengan warna rame. Sedangkan buku dan majalah yang menggunakan full color memang memberikan penekanan bahwa terkesan eksklusif. Jadi, jika ada majalah atau buku yang full color, dibandrol dengan harga mahal, jangan heran ya. Karena biaya produksinya pun juga sudah mahal.

Metode yang terakhir adalah metode campuran antara metode hitam putih dan metode full color. Metode ketiga inilah yang sebenarnya banyak digunakan. Selain dari harga bervariatif lebih murah, juga hasil percetakan tidak monoton hitam putih saja, tepi juga ada gabungan dengan full color.

Perhatikan Sistem Penjilidan

Bagi orang awam mungkin tidak sampai berfikiran sampai ke penjilidan buku majalah. Nah, buat Anda yang mencari percetakan buku majalah, pastikan memilih lokasi yang memberikan kualitas penjilidan yang tebal. Agar buku majalah terasa kuat dan awet tentu saja.

Karena ada juga loh kasus yang menunjukan bahwa banyak percetakan yang fokus pada kuantitas. Asal selesai dan beres saja, tanpa memperhatikan penjilidan. Jadi Anda sebenarnya tidak ada salahnya untuk Tanya ke percetakannya langsung kualitas penjildannya bagaimana dan seperti apa.

Kualitas Percetakan Buku Majalah

Terkadang saat menjalankan percetakan buku majalah terjadi ketidakselarasan antara soft file dan hasil cetak (hard file). Misalnya saat di layar komputer, pemilihan warna di layar tajam dan super kece gaul. Belum tentu saat diprint dan dicetak, hasilnya akan bagus seperti file komputer.

jasa percetakan buku majalah

Kenapa bisa terjadi demikian? Hal ini disebabkan karena komposisi warna dan kadar warna yang digunakan kurang. Biasannya pihak percetakan sengaja menurunkan komposisi, mengingat tinta warna memang mahal. Jadi buat Anda yang tidak ingin hal ini terjadi, pastikan untuk mengawal sampai akhir.

Macam-macam Kertas

Percetakan buku majalah tidak sembarangan dicetak. Anda harus menentukan jenis kertas. Barangkali ada yang belum tahu macam-macam kertas di dalam percetakan. Tenang, karena kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap.

Untuk buku majalah, umumnya menggunakan kertas ukuran A3. Sedangkan untuk percetakan buku sendiri ada banyak pilihan jenis kertas. Ada yang menggunakan kertas A4, F4, B3 dan masih banyak lagi. Di setiap kertas pun memiliki tingkat ketebalan kertas. Misal ada kertas A4 dengan ketebalan 80 Gram, ada pula yang 70 gram.


Baca juga : Cara Membuat Percetakan Buku yang Sukses

Comments are closed.