Mengenal Berbagai Jenis Percetakan Buku di Yogyakarta

Mengenal Berbagai Jenis Percetakan Buku di Yogyakarta

Ada banyak jenis percetakan buku di Yogyakarta. Wajar jika usaha percetakan ini cukup banyak dilirik. Sebab usaha percetakan buku di Yogyakarta memfasilitasi berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti jasa percetakan buku, koran, ataupun plamfet. Bisnis percetakan memang sangat menguntungkan, apalagi jika kita mengetahui letak pasar kita ada di mana.

Berbica soal percetakan buku, di Yogyakarta sebagai kota pelajar, terdapat beragam jenis percetakan yang berbeda.

Secara umum, percetakan dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Percetakan Offset

Percetakan buku di Yogyakarta yang mudah ditemui salah satunya adalah percetakan offset. Percetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/ desain yg dibuat dengan software olah digital seperti coredraw, photoshop, freehand dan lain2nya lalu selanjutnya dibuatkan plat filmnya.

Dengan plat film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.

  1. Digital Printing

Jenis percetakan buku di Yogyakarta termasuk yang cukup menjamur di kota ini. Digital Printing lebih banyak digunakan untuk mengerjakan spanduk, mug, umbul-umbul, stiker merk mobil, bahkan brosur dan kartu nama. Jika percetakan offset harus dalam jumlah banyak, sebaliknya digital printing menawarkan pemesanan dalam jumlah kecil. Ini menjadi kelebihan dari percetakan digital printing. Bahkan satu lembarpun dapat diterima. Nakun bila anda membutuhkan cetak dalam jumlah banyak, digital printing bukanlah pilihan yang efisien.

  1. Rotogravure

Jenis percetakan buku di Yogyakarta selanjutnya adalah Rotogravure. Jenis ini memang tidak sefamiliar seperti dua jenis percetakan sebelumnya. Berbeda dengan digital printing dan offset yang lebih cenderung cetak kertas, istilah Rotogravure adalah jenis cetakyang menggunakan mesin untuk jumlah besar dengan bahan dasar plastik. Teknik cetak ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu mencetak plastik dengan tinta diatas, dan mencetak plastik dengan tinta posisi di tengah karena dilapisi oleh bahan plastik yang lain. Maksud dari dilapisi bahan plastik dalam jenis kedua ini adalah media cetak menggunakan minimal 2 macam bahan plastik yang direkatkan menjadi satu kesatuan. Contoh: kemasan gulaku, dan kemasan mie instan yang menggunakan rotogravure laminasi.

  1. Sablon

Jenis percetakan satu ini juga tentunya sudah tidak asing lagi banyak orang. Sablon adalah jenis percetakan yang digunakan untuk mencetak kain. Sablon merupakan teknik mencetak secara manual diatas screen yang diberi tinta dan media yang dicetak bisa berbahan kain, kertas, maupun plastik. Hanya saja untuk kebutuhan sablon bisa berjumlah dalam arti ribuan hingga puluhan ribu. Nah jenis percetakan sablon masih menggunakan tenaga manusia meski kini telah dikembangkan dengan mesin juga.

  1. Flexo

Flexo adalah teknik mencetak dengan menggunakan mesin dan bahan baku dalam bentuk roll. Berbeda dengan offset, digital printing, dan sablon lebih banyak menggunakan bahan berupa lembaran terpisah. Contoh penggunaan flexo adalah mencetak koran, kardus kemasan corrugated (single maupun double wall), dan mencetak stiker. Kelebihan flexo adalah bahan tinta yang jauh lebih murah dibanding offset dan bisa mencetak dalam bentuk roll yang lebih banyak menghemat pemakaian bahan baku.

percetakan buku di yogyakarta deepublish

Di Kota Yogyakarta pun memiliki percetakan buku di Yogyakarta yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda. Salah satunya yakni Percetakan dan Penerbit Deepublish.

Pelayanan yang diberikan Deepublish bisa dibilang lebih dari kompetitor lainnya. Percetakan buku di Yogyakarta Deepublish dari segi pelayanan juga cepat tanggap. Setiap calon penulis yang berprofesi seperti dosen pengajar dan akademisi yang menghubungi akan segera di follow up. Tim penerbit Deepublish akan membantu calon penulis, baik penulis pemula maupun professional untuk menerbitkan buku. Tidak sekedar menerbitkan buku, tetapi juga membantu menjawab dan mengarahkan terkait system penerbitan buku. Sebenarnya tidak hanya menawarkan kecepatan dalam respons dari tim, tetapi juga cepat dalam memproses naskah yang ingin diterbitkan secara cepat. Selain itu, Deepublish juga memiliki toko buku online yang memiliki banyak jaringan reseller tersebar di seluruh Indonesia.


Baca juga : Cara Membuat Percetakan Buku yang Sukses

Comments are closed.