Penulis Online – Cara Supaya Naskah Diterima Penerbit dan Agen Artikel

Penulis Online – Cara Supaya Naskah Diterima Penerbit dan Agen Artikel

Jika Anda gemar menulis, Anda bisa lho mendapatkan uang tambahan dari menjadi penulis online. Era digital seperti sekarang ini membuat kita makin kreatif menentukan pekerjaan yang ingin digeluti. Tapi cara menjadi penulis online ini perlu diketahui bagi Anda yang ingin berprofesi menjadi penulis. Supaya Anda tahu cara menjadi penulis online, maka Anda harus memahami dunia penulis online.

Apa itu Penulis Online?

Penulis adalah seseorang yang mengolah kata-kata menjadi sesuatu yang bermakna, menghibur, mendidik dan informatif. Cara menjadi penulis online adalah seorang penulis yang menulis untuk proyek secara kontrak maupun proyek online untuk perusahaan atau pribadi.

Penulis online bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya, baik itu pribadi maupun perusahaan. Penulis online juga memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan. Serta bebas mengerjakannya dari mana saja. Bisa di rumah ataupun sambil traveling ke seluruh dunia.

Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki

  1. Paham Tata Bahasa dan Ejaan

Ini adalah keahlian wajib untuk seorang penulis online. Bahkan tulisan yang bagus sekalipun bisa jadi kacau bila ada kesalahan dalam tata bahasa dan ejaannya. Freebuddies akan kesulitan menjadi penulis jika tidak menguasai tata bahasa serta ejaan dengan baik.

  1. Menguasai Proofreading

Freebuddies perlu memastikan bahwa tulisan yang dibuat sudah tepat tata bahasa dan ejaannya. Jadi perlu untuk selalu mengoreksinya kembali setelah menulis. Bila perlu cara menjadi penulis online bisa menggunakan jasa khusus seorang proofreader. Namun akan lebih baik jika memiliki kemampuan ini sendiri.

  1. Memahami Tentang Riset

Penulis diharapkan tahu akan segala hal. Asumsinya mereka menjadi orang yang paling mengerti tentang topik yang dibahas dalam tulisan. Ini menjadi tanggung jawab besar bagi penulis. Sehingga kemampuan untuk meneliti dan memahami sumber referensi sangat dibutuhkan.

  1. Komunikasi

Sebagai penulis online Freebuddies harus berkomunikasi secara intens dengan klien, editor, dan orang lainnya setiap hari. Termasuk memberikan pengertian kepada keluarga dan orang terdekat saat Freebuddies disibukkan dengan aktivitas menulis. Sehingga komunikasi menjadi suatu keterampilan yang harus dimiliki dan cara menjadi penulis online.

  1. Bersikap Profesional

Selalu profesional termasuk cara menjadi penulis online agar bisa kerja dari mana saja. Profesionalisme adalah bagian penting dalam kesuksesan berkarier. Saat dihadapkan pada Anda perlu bersikap profesional setiap saat. Yang terpenting ialah mampu mematuhi tenggat waktu atau deadline jangan sampai telat.

website penulis online

Saat Anda telah menguasai hal-hal dasar cara menjadi penulis online, langkah selanjutnya yakni Anda harus menyusun strategi cara menjadi penulis online agar naskah Anda dapat diterima oleh klien atau buku Anda dapat diterbitkan.

Tentukan Tema dan Genre

Cara menjadi penulis online sama dengan menulis buku atau artikel pada umumnya. Tema dan genre adalah hal yang paling penting dalam penulisan sebuah naskah, karena kedua unsur tersebutlah yang akan mengarahkan tujuan tulisanmu dan apa yang ingin kamu sampaikan ke pembaca. Dengan tema dan genre yang sesuai Anda bisa menarik perhatian calon pembaca Anda. Misal, Anda ingin membuat novel ber-genre romance, maka tema yang Anda pilih adalah tema percintaan seperti jatuh cinta atau patah hati.

Buat Kerangka Tulisan

Kekuatan kerangka tulisan juga penting cara menjadi penulis online. Ibarat sedang membuat sebuah adonan kue, kerangka tulisan ini sebagai resep. Anda pasti akan bingung jika tidak mempunyai resep, karena tidak ada ‘guide’ yang menuntunmu membuat kue tersebut sampai berhasil.

Saat Anda menulis akan ada banyak ide yang ingin Anda sampaikan, nah kerangka inilah yang akan membimbing Anda supaya tulisan tetap pada track nya. Maka cara menjadi penulis online yang baik berawal dari kerangka dulu. Buat daftar isi dan tentukan hal-hal apa saja yang akan Anda bahas dengan sistematis, yaitu dari bab awal, pertengahan sampai akhir ditempatkan dengan benar dan berkesinambungan.

Kumpulkan Referensi Sebanyak Mungkin

Baca, baca dan baca! Writers are readers. Cara menjadi penulis online yang baik adalah dengan mengumpulkan refereJadi jika Anda adalah penulis seharusnya Anda adalah seorang pembaca yang baik. Jangan sampai setiap Anda berhenti setiap menulis satu paragraf karena referensi yang Anda butuhkan belum disiapkan.

Akan menjadi sangat mudah jika Anda sudah ‘memegang’ referensi terlebih dahulu. Jika tulisan Anda sedang ‘mandek’ Anda bisa membuka buku atau sumber yang sudah kamu baca kembali dan mengambil beberapa ide dengan tema yang sama.

Waktunya Menulis

Tidak perlu memaksakan diri untuk bisa menulis sebanyak 1 bab dalam satu hari, cobalah dengan target 300 kata per hari terlebih dahulu. Jika sudah mulai terbiasa, tingkatkan target tulisan Anda sampai 500 kata per hari, 800 kata per hari hingga bisa mencapai 1 bab per hari nantinya.

Pastikan juga EYD yang Anda gunakan benar dan gaya penulisan sesuai dengan sasaran pembaca. Jika ada kata yang jarang terdengar atau dari bahasa asing, Anda bisa mencantumkan penjelasannya di bagian bawah agar pembaca tidak bingung. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk mengetahui kata asing tersebut.

Jangan lupa untuk melengkapi naskah Anda dengan daftar pustaka sebagai rekapan referensi yang Anda punya. Tak ketinggalan cantumkan identitas diri agar penerbit bisa melacak profil Anda dan buatlah surat pengantar pengajuan naskah.

Kerapian Naskah

Kerapian naskah juga lebih disukai penerbit dan menjadi cara menjadi penulis online yang baik. Siapa sih yang tidak suka membaca naskah yang rapi? Setelah menulis buku atau buku novel, cara menjadi penulis online yang baik adalah jangan lupa review dan edit kembali tulisan Anda. Hal ini akan membantu editor untuk jika ada kesalahan ketik (typo) atau kalimat yang kurang enak dibaca. Ikuti aturan penerbit tujuan Anda dalam format pengirimannya seperti ukuran kertas, margin, jenis dan ukuran huruf.

Sinopsis yang Menarik

Cara menjadi penulis online agar naskah langsung diterima penerbit bukan hanya isi buku saja. Bukan hanya foto atau gambar yang bisa membuat mata ingin melihatnya terus menerus, sinopsis juga mempunyai daya tarik yang besar agar editor menerima naskah. Sinopsis menceritakan garis besar sebuah naskah.

Berikan sinopsis yang jujur mengenai naskah Anda dan jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan apalagi menggantung seperti blurb dalam sampul belakang buku. Tiga halaman sinposis saja sudah dianggap cukup sebagai langkah awal untuk mengenalkan naskah buku atau novel yang berjumlah ratusan halaman. Intinya, jangan terlalu menceritakan panjang lebar, cukup poin-poin naskah saja.

Terbitkan Naskah Anda

Saat naskah sudah siap, cara menjadi penulis online selanjutnya adalah saatnya Anda mencari penerbit yang sesuai dengan naskah Anda. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis penerbit, mulai dari penerbit mayor, penerbit indie, self-publishing sampai trend yang sedang banyak diperbincangkan oleh banyak penulis saat ini adalah penerbit crowdfunding. Setiap penerbit mempunyai jenis naskah tersendiri yang akan mereka terbitkan.

Setelah melakukan semua tips menulis buku atau novel di atas, Anda bisa langsung mengirimkan naskah ke penerbit tujuan Anda. Anda bisa mengirimkannya melalui pos, email atau langsung di dalam website penerbit buku. Anda bisa berkonsultasi melalui website nya sekaligus melampirkan naskah Anda dengan mudah. Deepublish melayani penerbitan selfpublisher yang dapat mendukung Anda menerbitkan buku yang Anda tulis.

Bergabung dengan Agen Artikel

Selain dengan penerbit, cara menjadi penulis online yakni dengan bergabung bersama agen artikel. Agen artikel akan menampung artikel bahkan dari penulis amatiran sekalipun. Para agen artikel ini biasanya akan mengambil keuntungan sebesar 20-40 persen, tergantung dari kualitas konten artikel yang mereka terima.

Semakin banyak kesalahan yang dilakukan penulis, semakin sedikit nominal yang akan didapatkan dan begitu pula sebaliknya. Agen artikel akan mengembalikan artikel milik Anda apabila kesalahan yang Anda lakukan sudah cukup fatal. Tapi tenang biasanya agen artikel selalu memberikan tips dan trik menulis artikel yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *