Mengenal Mesin Percetakan Buku Offset

Mengenal Mesin Percetakan Buku Offset

Mengenal Mesin Percetakan Buku Offset – Mengenal mesin percetakan buku bagi Anda yang mau mencetak buku maupun menggeluti bisnis di bidang percetakan. Ada banyak jenis mesin percetakan buku tentu dengan beragam kualitasnya. Maka ada baiknya jika kita mengenali mesin percetakan buku sebelum kita mencetak buku maupun memulai bisnis percetakan.

Maka pada artikel ini akan kita ulas. Simak artikelnya sampai habis. Mesin percetakan buku yang biasa digunakan oleh percetakan :

Mengenal Mesin Percetakan Buku Offset

Salah satu mesin percetakan buku yang terkenal adalah cetak offset. Keunggulan dari cetak offset ini terletak pada kecepatannya untuk cetak dalam jumlah banyak.

Mesin offset sendiri tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari mesin satu warna, sampai dengan 4 warna. Kemudian mesin offset juga memiliki ragam ukuran, serta merk di pasaran.

Mesin percetakan buku offset menggunakan master atau plale cetak dengan proses pemindahan huruf atau gambar ke blanket, jadi peralihan tinta tidak langsung ke bahan cetaknya, tetapi melalui blanket tersebut.

Mesin percetakan buku offset disebut juga chemical printing technique atau teknik cetak kimia, bagian image area pelat cetak offset terbuat dari lapisan Oleophylic, sedangkan bagian non image area terbuat dari lapisan hidrophylic.

Ciri-ciri Mesin Cetak Offset

Dari segi fisik sudah terlihat jelas untuk mesin offset dibandingkan dengan digital printing. Digital printing sendiri adalah sebuah teknik percetakan dari gambar dan text berbasis digital, dari file kemudian kita bisa langsung mencetak nya dengan berbagai media dengan cara yang instan dan cepat.

Hanya saja digital printing dikhususkan bagi cetak ringan seperti brosur, banner, dan sebagainya. Sementara ciri-ciri mesin percetakan buku offset sebagai berikut:

  1. Offset menggunakan mesin cetak teknologi sederhana dan dioperasikan secara manual. Baik untuk pencampuran warna maupun presisinya.
  2. Offset tidak dapat melayani pencetakan dalam jumlah sedikit dan waktu pengerjaannya lebih lama karena dikerjakan secara semi manual dengan menggunakan pelat cetakan.
  3. Offset dengan pelat cetakan konvesional memiliki akurasi yang lebih tinggi dalam pengkombinasian warna maupun register.
  4. Offset hanya dapat melayani pencetakan dalam jumlah banyak atau borongan, sehingga biaya yang perlu dibayarkan lebih mahal.
  5. Mencetak dengan master yang disebut paper plate
  6. Proses pencetakannya dibantu dengan zat kimia yang disebut fixer serta air dengan cara pemindahan huruf pada blanket
  7. Dapat mencetak pada kerta doorslag sampai dengan karon berukuran A6 (105 x 108 mm) sampai ukuran A0
  8. Dapat mencetak gambar atau foto dan berwarna

Tips Memilih Jenis Mesin Percetakan Buku

Memilih mesin cetak tidak mudah, walau mesin cetak itu sering digunakan di usaha percetakan namun tetap saja Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat membeli mesin cetak maka Anda harus memperhatikan hal berikut ini.

1. Menyesuaikan Dengan Produk Anda

Pilih mesin cetak yang khusus digunakan untuk usaha Anda, misalkan usaha Anda mencetak pamflet, brosur, poster maka Anda harus memilih mesin yang bisa digunakan untuk itu.

2. Spesifikasi Mesin

Lihatlah spesifikasi mesin cetak tersebut, Anda bisa menanyakan spesifikasinya langsung pada penjual atau membacanya di buku petunjuk mesin.

3. Tingkat Produksi Mesin Cetak

Lebih baik memilih mesin cetak yang mampu melakukan produksi dalam jumlah banyak, karena telah kita ketahui pengusaha percetakan selalu dibanjiri dengan pesanan pelanggan yang sangat tinggi.

Melihat spesifikasinya saja pastinya Anda dapat menarik kesimpulan bahwa mesin tersebut bagus atau tidak. Semakin baik mesin cetak yang dipilih maka proses pekerjaan lebih mudah. Mesin juga tidak mudah rusak dan mampu bertahan lebih lama.

Dan yang paling penting Anda dapat memproses berbagai tindakan cetak untuk produk apa saja. Contohnya seperti cetak kalender murah, sticker dan lainnya. Sekian informasi mengenai jenis mesin percetakan buku yang paling sering digunakan.

Baca juga : 5 PILIHAN PRINTER UNTUK PERCETAKAN BUKU

Comments are closed.