Tutorial Cara Mendaftarkan ISBN Online

Tutorial Cara Mendaftarkan ISBN Online

Pentingnya mendaftarkan ISBN online sepertinya sudah disadari oleh sebagian besar penulis buku. ISBN sebagai kode suatu buku menjadi salah satu indikator apakah buku tersebut berkualitas atau tidak. ISBN adalah kepanjangan dari International Standard Book Number. Angka yang ada pada bagian belakang buku dan kadang menjadi barcode ini adalah sistem identifikasi unik pada setiap buku-buku yang diterbitkan dan mencakup seluruh dunia.

Mendaftarkan ISBN buku Anda kini semakin mudah. Apalagi semenjak ada cara mendaftarkan ISBN online. Seolah kita dipermudah dengan akses internet. Untuk mendaftarkan ISBN online, Anda bisa mengunjungi website Perpustakaan Nasional Indonesia alias Perpusnas di www.pnri.go.id.

Dilayani Saat Jam Kerja

Mendaftarkan ISBN online, Anda tidak bisa setiap hari mendaftarkan. Pada proses pelayanan, Perpusnas memberikan waktu 5 hari dalam seminggu. Dilansir melalui website perpusnas, terhitung Senin, 2 Desember 2019, Layanan ISBN, KDT dan Barcode dibuka pada jam kerja layanan pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB

dengan mekanisme proses layanan berdasarkan 500 pendaftar pertama dan akan dilanjutkan ke 500 pendaftar berikutnya, dengan masa proses validasi 3 hari kerja. Penerbit harap menunggu sesuai antrian. Konfirmasi dilakukan bila dibutuhkan dan bila masa proses melampaui tiga hari kerja.

Cara Mendaftarkan ISBN Online Melalui Perpusnas :

  1. Cara pertama cara mendaftarkan ISBN online adalah dengan baca syarat dan ketentuan di www.pnri.go.id.
  2. Mengisi formulir dengan mengisi surat pernyataan kemudian stempel penerbit dengan menunujukkan bukti legalitas penerbit atau lembaga yang bertanggung jawab. Setidaknya ada akta notarisnya.

Membuat surat permohonan atas nama penerbit (berstempel) dari buku yang diterbitkan.

  1. Mengirimkan fotokopi:

– halaman judul

– balik halaman judul (dapat diketahui pengarang dan penerbit buku yang bersangkutan)

– daftar isi

– kata pengantar

  1. Setelah mendapatkan ISBN segera masukkan ke dalam buku yang akan diterbitkan. Untuk kode barcode, saya menyarankan buat sendiri aja dengan memakai aplikasi corel draw.
  2. Setelah buku dicetak, kirimkan 2 eksemplar buku ke kepada Tim ISBN/KDT Perpustakaan Nasional RI ( Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta), agar dapat dipantau pemakaian ISBN/KDT.

Persyaratan untuk Anggota Lama : Hanya butir 2 dan 3 saja yang perlu dikirimkan kepada Tim ISBN/KDT. Jika Anda tinggal di Jakarta, Anda dapat datang ke Perpusnas jika teman-teman berada di Jakarta, karena memang Perpusnas beralamat di Jakarta, Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta. Buat teman-teman yang ada di luar Jakarta, atau males ngurus ke Salemba Raya karena banyak urusan dan tidak mau terjebat macet, bisa mengirimkan berkas lewat faksimile perpusnas,  (021) 3927919; (021) 3923067. Namun jika belum bisa, Anda bisa mendaftarkan ISBN online.

Sarana Promosi

Mendaftarkan ISBN online akan berdampak pada distribusi buku Anda saat telah terbit. Selain sudah ada nomer jelas yang terdaftar di seluruh dunia, menerbitkan buku dengan ISBN juga menjadi sarana promosi yang tepat bagi calon pembaca Anda.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa image buku yang memiliki ISBN akan dipandang lebih “prestigious” dibandingkan dengan yang tidak memiliki ISBN.

Selain itu, pencantuman ISBN akan disebarluaskan baik oleh Badan Nasional ISBN di Jakarta maupun Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di Berlin – Jerman. Di Indonesia, Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia. Perpustakaan Naasional RI mempunyai fungsi memberikan informasi, bimbingan dan penerapan pencantuman ISBN serta KDT (Katalog Dalam Terbitan).

Selain itu, dengan pencantuman ISBN, secara tidak langsung buku yang Anda tulis disebarluaskan melalui perpusatakaan RI. Ini menjadi peluang yang bagus, mengingat perpustakaan merupakan salah satu tempat yang dituju bagi siswa dan mahasiswa. Dengan begitu, buku Anda akan lebih banyak dilihat orang dan berpeluang untuk dicari oleh lebih banyak orang.

Demikian cara mendaftarkan ISBN online. Semoga artikel ini bermanfaat!


Baca juga : 4 Alasan Mengapa Buku Anda Harus Ada Pencantuman ISBN

Comments are closed.