Ikuti Hibah Buku Penerbit Deepublish 2022

hibah buku

Berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menerbitkan naskah buku yang disusun? Tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhinya, namun jika dihitung-hitung nominalnya tentu sangat lumayan. 

Ingin mencoba menerbitkan buku secara gratis? Atau mungkin berharap bisa menerima diskon penerbitan dalam angka yang lumayan? 

Pertimbangkan untuk mengikuti Program Hibah Deepublish 2022 yang merupakan sayembara menulis buku. Semua kalangan akademisi bisa ikut dalam program satu ini. Seperti apa programnya? 

Pentingnya Ikut Program Hibah Buku 

Menjadi penulis tentu perlu menerbitkan tulisan yang sudah dibuat. Jangan sampai naskah yang ditulis dengan penuh perjuangan hanya menjadi koleksi pribadi. Atau mungkin dicetak untuk koleksi sendiri yang pada akhirnya rusak dimakan rayap. 

Bisa jadi isi naskah yang disusun dibutuhkan banyak orang untuk berbagai keperluan. Sehingga penting untuk menerbitkan apa saja yang sudah ditulis. Jika terkendala oleh persoalan biaya  maka bisa mengikuti program hibah buku. 

Program hibah buku merupakan program yang menyediakan fasilitas menerbitkan buku secara gratis dan ditujukan kepada para penulis. Program satu ini bisa diselenggarakan oleh siapa saja, pastikan mengecek syarat dan ketentuannya agar bisa lolos seleksi. 

Jika berhasil lolos seleksi, maka Anda bisa menghemat biaya untuk menerbitkan buku. Keuntungan lainnya adalah bisa mendapatkan efek promosi secara gratis. Sebab program hibah buku adalah program bergengsi yang hanya menyaring naskah terbaik. 

Artinya, jika naskah buku yang dimiliki masuk ke dalamnya. Maka kualitasnya tentu diakui dan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli, membacanya, dan mengaplikasikan isinya. Sangat menguntungkan, bukan? 

Program Hibah Deepublish 2022 

Bicara mengenai program hibah buku, baru-baru ini penerbit deepublish menyelenggarakannya. Bertajuk Program Hibah Deepublish 2022 yang digelar di tahun ini dan pendaftarannya (submit naskah) berakhir pada 11 April 2022. 

Melalui program ini, penerbit deepublish ingin memberikan apresiasi kepada para penulis untuk menerbitkan tulisannya secara gratis dan dengan prosedur yang lebih mudah. Bersama program ini pula, harapannya semakin banyak buku berkualitas tersedia di pasaran. 

Sebab program Hibah Deepublish 2022 hanya ditujukan untuk buku ilmiah yang tentunya wajib disusun oleh para ahli di bidang keilmuan tertentu. Sehingga penerbit deepublish ingin menggandeng lebih banyak penulis untuk berkontribusi pada penyediaan buku-buku ilmiah berkualitas di tengah masyarakat. 

Tidak akan rugi mengikuti program ini, karena ada hadiah jutaan Rupiah menanti para pemilik naskah. Ditambah dengan segudang fasilitas menarik yang nantinya akan diterima seluruh pengirim naskah dan yang masuk ke 3 naskah terpilih. 

Hadiah yang Didapatkan 

Program Hibah Deepublish 2022 menyediakan banyak hadiah menarik, mulai dari uang tunai sampai penawaran dan fasilitas istimewa kepada para pemilik naskah yang bergabung. Berikut detailnya: 

1. Hadiah 3 Naskah Terbaik 

Dalam Program Hibah Deepublish 2022 seluruh naskah yang masuk akan diseleksi untuk diambil 3 naskah terbaik. Naskah terbaik kemudian mendapatkan hadiah istimewa. 

Dimulai dari hadiah untuk cetak buku secara gratis, dimana pemenang pertama bisa mendapatkan gratis cetak 25 eksemplar buku, pemenang kedua 10 eksemplar, dan pemenang ketiga 10 eksemplar buku. 

Ketiga naskah terpilih kemudian berhak mendapatkan uang pembinaan dengan nilai menarik. Pemenang pertama mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1.5 juta, pemenang kedua Rp 1 juta, dan pemenang ketiga Rp 500 ribu. 

2. Hadiah 10 Naskah Pilihan 

Tidak hanya memilih 3 naskah terbaik, dalam Program Hibah Deepublish 2022 juga akan memilih 10 naskah pilihan. Pemilik 10 naskah terpilih kemudian mendapatkan penawaran istimewa. Penawaran tersebut adalah diskon cetak sampai 35% dan gratis terbit eBook. 

3. Hadiah Seluruh Peserta Program 

Bagaimana jika tidak masuk 3 naskah terbaik maupun 10 naskah terpilih? Tidak perlu cemas, sebab dalam Program Hibah Deepublish 2022 seluruh peserta yang submit naskah berhak mendapatkan hadiah. Seluruh peserta berhak mendapatkan diskon cetak 30% dan gratis terbit eBook. 

Selain hadiah-hadiah tersebut, seluruh peserta kemudian berhak mendapatkan berbagai keuntungan menarik. Mencakup sejumlah fasilitas berikut ini: 

  • Diskon cetak sampai 30% yang bisa dinikmati seluruh peserta yang sudah mengirimkan naskah. 
  • Gratis terbit versi eBook untuk naskah yang sudah selesai proses cetak. 
  • Gratis desain cover. 
  • Gratis desain layout buku. 
  • Gratis layanan proofreading dan juga editing naskah. 
  • Gratis layanan pengecekan plagiarism. 
  • Gratis cetak dummy book. 
  • Gratis pengurusan ISBN. 
  • Gratis pemasaran buku melalui seluruh jaringan pemasaran penerbit deepublish. 
  • Mendapatkan royalti sebesar 10-15%. 
  • Gratis terindeks ke dalam Google Scholar. 

Syarat dan Ketentuan Program Hibah Deepublish 2022

Bagaimana agar bisa mengikuti Program Hibah Deepublish 2022? Jika tertarik, maka perlu memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Ketentuan umum untuk pengusul program ini adalah: 

  1. Pengusul mengirimkan naskah yang lengkap, orisinil, dan belum pernah diterbitkan di penerbit manapun.
  2. Pengusul boleh menjadi penulis pertama, kedua, ataupun ketiga.
  3. Pengusul boleh berasal dari institusi manapun.
  4. Pengusul harus mengisi dan menandatangani seluruh dokumen pendukung bisa diunduh melalui https://penerbitdeepublish.com/wp-content/uploads/2022/03/Berkas-Pendukung-Program-Hibah-Deepublish.pdf 
  1. Batas akhir pengumpulan naskah, akan diterima maksimal 11 April 2022. 
  2. Pemenang akan diumumkan pada Jumat, 22 April 2022 melalui akun instagram Penerbit Deepublish @penerbitbuku_deepublis. 

Sedangkan untuk ketentuan naskah yang bisa dikirimkan dan diseleksi sesuai ketentuan Program Hibah Deepublish 2022 adalah sebagai berikut: 

  1. Naskah buku yang akan diterima merupakan naskah buku akademik, seperti: buku ajar, monograf, referensi, modul, dan bunga rampai ilmiah.
  2. Naskah diketik menggunakan huruf Times New Roman dan font 12 pt pada kertas ukuran A4 dengan jarak spasi 1,15.
  3. Jumlah halaman naskah untuk buku ajar minimal 150 halaman. Jumlah halaman tersebut, tidak termasuk halaman pada prakata, daftar isi, dan lampiran. Adapun jumlah halaman naskah untuk buku lainnya minimal 100 halaman.
  4. Naskah dikirim dalam bentuk soft file bersama dengan dokumen. 
  5. Isi dari naskah yang dikirim, harus mengandung unsur-unsur yang sudah ditentukan. 

Supaya bisa lolos dalam seleksi Program Hibah Deepublish 2022 maka pahami juga sistem penilaiannya seperti apa. Berikut detailnya: 

  1. Kelengkapan berkas administrasi, sehingga pastikan mengecek seluruh syarat yang dilampirkan sudah sesuai ketentuan atau belum. 
  2. Evaluasi isi buku dengan kriteria penilaian antara lain:
  • Urgensi topik dan kesesuaian isu faktual.
  • Orisinalitas dan bobot.
  • Kelengkapan sistematika/unsur buku.
  • Kemutakhiran pustaka.
  • Keterbacaan dan kelayakan terbit.
  • Khalayak pembaca, dan kriteria lainnya (pertimbangan dewan penerbitan Deepublish).

Mengikuti Program Hibah Deepublish 2022 membantu Anda untuk menerbitkan buku dengan biaya gratis. Sehingga paham syarat dan ketentuannya sekaligus sistem penilaiannya, sehingga bisa masuk ke dalam 3 naskah terbaik maupun 10 naskah terpilih. 

Tidak akan rugi mengikuti program satu ini karena menang maupun tidak menang tetap mendapatkan hadiah menarik. Jadi, silahkan diikuti dan detail ketentuan maupun pengiriman naskahnya bisa dicek melalui laman https://penerbitdeepublish.com/program-hibah-deepublish/ 

Silahkan kirimkan naskah yang Anda miliki, sebelum 11 April 2022. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.