Dalam Menulis, Jangan Banyak Bertanya

Dalam Menulis, Jangan Banyak Bertanya

Dalam Menulis, Jangan Banyak Bertanya – Sudah sejak 2008 yang lalu, saat saya masih pelajar, sudah banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang penulis. Hingga saat ini, antusiasme orang yang ingin menjadi seorang penulis nampaknya masih sama besar. Banyak dari mereka yang mencari-cari bagaimana cara menjadi penulis. 

Di era digital seperti sekarang, sangat mudah sekali mendapatkan ilmu cara menjadi penulis. Karena sudah banyak tutorial yang akan membagikan pengalaman mereka. Banyak pula penulis-penulis yang membagikan tips mereka di dunia menulis. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bahwa menjadi penulis itu sulit. Karena ilmu dan teori bisa dicari dan diambil di mana saja. 

Lain cerita ketika tahun 2008 yang lalu, dunia digital belum seluas saat ini. Mencari guru jago penulis pun juga tidak mudah. Nah, pada kesempatan kali ini, saya pun akan berbagi cara menjadi penulis yang semoga bisa kamu ambil pelajaran. 

Dalam Menulis, Jangan Banyak Bertanya

Pernah dengar cerita ada seorang sahabat yang terlalu banyak bertanya tentang hewan qurban untuk disembelih. Karena terlalu banyak pertanyaan itulah, justru yang menyebabkan mereka kesulitan sendiri. Begitupun dengan menulis buku. Memang yang terjadi di lapangan, banyak dari mereka yang terlalu banyak bertanya tetapi tidak diimbangi dengan praktek. 

Akibat pertanyaan yang berlebihan, justru menyebabkan mereka akhirnya takut, cemas, merasa paling buruk, dan perasaan negatif lainnya. Memang bertanya tidak dilarang. Tetapi bertanya terlalu agresif justru akan menimbulkan kecemasan, yang endingnya malah menghambat impian Anda menjadi penulis. 

Sebaliknya, banyak penulis sukses dan tekun justru berawal dari mereka yang bertanya sewajarnya. Mereka lebih banyak mencoba menulis dan praktek menulis dibandingkan banyak bertanya. Itu pulalah yang saya lakukan ketika membangun karir di dunia tulis menulis, dan cara menjadi penulis ini bisa kamu coba. Semoga terwujud impian Anda. 

Baca juga : 8 Cara Menulis Jurnal Hasil Penelitian

Itulah cara menjadi penulis versi saya selama ini membangun mimpi menjadi seorang penulis. Satu hal yang tidak kalah penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis, yaitu haru disiplin dan tekun. Karena hanya dengan kedisiplinan dan ketekunan yang mampu mengalahkan penulis berbakat yang tidak memiliki dua hal ini. Semoga ulasan ini memantik semangat kamu.

Kontributor : Irukawa Elisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *