Cara Menulis Novel di Microsoft Word

Cara Menulis Novel di Microsoft Word

Cara menulis novel di microsoft word. Novel merupakan salah satu jenis buku yang banyak diminati. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya genre yang bisa kita temui mulai dari anak-anak, remaja (teen-lit n chick-lit), dan dewasa atau umum. Juga kita bisa check kepopuleran novel ini dengan melihat daftar buku best-seller di toko buku, dimana kebanyakan daftar tersebut dipenuhi oleh beragam jenis novel.

Novel memiliki karakteristik sendiri. Novel memang cenderung menceritakan kisah/cerita fiktif dan merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang, dimana di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.

Dalam pembuatan novel, penulis dapat menggunakan softwear yang terdapat pada gadget mereka. Salah satu softwear yang sering dipakai adalah microsoft word. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi cara menulis novel di microsoft word. Mungkin sebagian besar sudah tahu caranya, tapi mungkin saja masih ada yang masih belum tahu cara mudahnya. Simak baik-baik artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Menulis Novel di Microsoft Word : Pengertian Microsoft Word

Cara menulis novel di microsoft word. Microsoft Word menjadi software yang banyak digunakan untuk menulis novel. Apa itu microsoft word? Microsoft word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, hingga novel.

Perkembangan microsoft word  telah mengalami beberapa kali penyempurnaan kearah yang lebih baik dari tahun ke tahun. Mulai Microsoft word 1998, word 2003, word 2007, word 2010,word 2015, word 2016 dan yang terakhir ini Microsoft word 2017. Micrososft 2017 merupakan bentuk penyempurnaan dari microsoft word sebelum-sebelumnya.

Dalam Microsoft 2017 telah ditambahkan database dan toolbar yang semakin mempermudah kita dalam pembuatan dokumen maupun hal-hal yang berkaitan dengan tulis menulis. Tentunya, hal ini diharapkan memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin mempelajarinya. Cara menulis novel di microsoft word mengacu pada beberapa fungsi microsoft word yaitu:

Membuat Dokumen

Aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak dengan berbagai ukuran kertas.

Cara Menulis Novel di Microsoft Word – Mengedit Dokumen

Aplikasi Microsoft Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen lain baik dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.

Memformat Dokumen

Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat dokumen yang lebih profesional dengan pilihan format dokumen yang beragam. Misalnya ukuran kertas, jenis huruf, warna huruf, catatan kaki, penomoran, hingga equation matematika.

Cara menulis novel di microsoft word berarti mengacu pada fungsi membuat dokumen. Ada beberapa fungsi ketika kita menulis novel di microsoft word.

  • Membuat dokumen yang dapat dicetak seperti surat, laporan kerja, dan lain-lain.
  • Membuat buku dengan berbagai format.
  • Membuat dokumen yang lebih profesional dengan gaya penulisan yang beragam, seperti jenis font, warna, dan lain-lain.
  • Membuat surat dengan lebih cepat.
  • Membuat dokumen ilmiah dengan fitur References untuk mempermudah penulisan ilmiah.
  • Tersedia beragam template yang dapat diunduh untuk mempercepat pembuat dokumen.
  • Mempermudah mengedit dokumen dengan mudah, dapat dibuka kapan saja.
  • Terkoneksi dengan SkyDrive untuk menyimpan dokumen otomatis secara online.
  • Dapat digunakan untuk membuat surat yang dikirim berbanyak.
  • Serta fitur lainnya yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menulis Novel di Microsoft Word – Manfaat Aplikasi Microsoft Word

  • Dapat memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Menggunakan microsoft word dapat menghemat waktu.
  • Dapat menghemat kertas dan biaya.

Dari penjelasan di atas, berikut ini kelebihan/ keuntungan dari Microsoft Word

  • Tampilan Interface yang bersahabat.
  • Dapat menyimpan dokumen dalam berbagai format.
  • Tersedia banyak template.
  • Tersedia berbagai gaya tulisan.
  • Terkoneksi dengan SkyDrive.
  • Memiliki tampilan reading view dan print view.

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat microsoft word, saatnya mengetahui elemen cara menulis novel yang baik.

Penokohan

Cara menulis novel di microsoft word memiliki elemen penting yakni penokohan. Bayangkan saja jika Anda ingin membuat suatu pertunjukkan, pastilah membutuhkan suatu tokoh yang akan mengisi pertunjukkan tersebut, bukan? Hal tersebut sama halnya dengan saat Anda menulis novel.

Novel diibaratkan suatu panggung yang akan diisi oleh tokoh-tokoh yang akan membuat cerita di dalamnya semakin menarik. Dalam kualifikasinya peran dibagi menjadi dua jenis, mau peran tersebut penting atau tidak, kualifikasi tersebut tetap ada dalam nyawa tokoh.

Cara Menulis Novel di Microsoft Word – Tokoh Protagonis

Protagonis adalah tokoh yang menjadi pendukung utama cerita itu sendiri. Jika cerita di dalam novel tersebut adalah sebuah kisah yang berujung karma buruk, tentunya akan aneh jika sang protagonis bersifat baik bak malaikat. Walau protagonis bersifat baik biasanya mengisi jagad mainstream sebuah novel.

cara membuat buku di microsoft word 2010

Sampai pada era 2000an, istilah protagonis mulai berkembang dan melahirkan beberapa istilah baru. Salah dua nya adalah hero dan heroine. Istilah ini kerap digunakan karena kebanyakan protagonis di dalam novel akhir 1999 bersifat baik.

Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah seorang yang selalu bertolakbelakang dengan tokoh protagonis. Tokoh ini adalah tokoh yang menentang konten cerita di dalamnya, sehingga tokoh ini pasti ditempatkan kepada pihak yang salah. Tokoh ini juga biasanya diwatakkan jahat, walau adapula yang diwatakkan baik. Hanya saja, meski baik sekalipun, tokoh antagonis pasti diposisikan untuk dibenci oleh audience ataupun yang disalahkan. Namun pada umumnya tokoh antagonis berwatak jahat dan itu ikut melahirkan istilah Anti-Hero dan Anti-Heroine.

Plot

Cara menulis novel di microsoft word, kita juga bisa menuliskan novel mempertimbangkan plot. Plot disebut juga sebagai alur. Jika berbicara alur atau plot, kita berbicara tentang tubuh dari novel itu sendiri. Tentunya melihat plot yang indah ibarat melihat tubuh yang indah dalam sebuah cerita.

Plot dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  • Plot maju : Plot ini adalah plot paling mudah dan paling umum digunakan oleh penulis, karena plot ini pasti akan berjalan maju ke depan terus.
  • Plot mundur : Biasanya diawali dengan hasil klimaks di depan. Pembaca dalam hal ini akan dibuat bingung dengan situasi yang tiba-tiba sudah terjadi. Seolah-olah ending cerita ada di halaman awal.
  • Plot maju-mundur : Biasanya digunakan di dalam novel-novel fiksi best seller. Hanya saja, Anda harus memiliki keahlian khusus dan ketelitian tinggi agar pembaca tidak dibuat pusing dengan cerita di dalamnya.

Cara Menulis Novel di Microsoft Word – Setting

Cara menulis novel di microsoft word juga tidak boleh meninggalkan elemen setting karena ia bermain sangat penting dalam sebuah novel. Setting ibarat panggung yang Anda gunakan untuk sebuah pertunjukan. Perlu digarisbawahi pula, setting memiliki batasan dan aturan sendiri pada setiap jenis setting yang digunakan.

Sebagai penulis Anda bebas menentukan mau seeting seperti apa di dalam novel Anda. Anda boleh menciptakan dunia baru karya Anda sendiri. Hanya saja, Anda harus memiliki imajinasi tinggi dan memadukan realita dan fiksi.

Sudut Pandang

Di dalam novel, ada 2 jenis sudut pandang yang sering digunakan. Yang pertama, adalah sudut pandang orang pertama. Sudut pandang ini biasanya menempatkan pembaca sebagai tokoh utama dalam cerita, ataupun orang yang mendukung tokoh utama. Biasanya diibarat sebagai “aku”, “saya” di dalam cerita.

Yang kedua, adalah sudut pandang orang ketiga. Di dalam sudut pandang ini, pembaca hanyalah “penonton” pada sebuah pertunjukan. Mereka tidak akan dilibatkan dalam problematika yang ada di dalam novel, layaknya sebagai penonton biasa.

Konflik dan Klimaks/Anti-Klimaks

Elemen cara menulis di microsoft word terakhir adalah konflik. Alangkah lucunya jika novel tidak menyuguhkan sebuah konflik. Konflik yang ada dalam novel bermacam-macam bentuknya. Ada yang disuguhkan di awal dan akhir cerita, adapula yang disuguhkan ditengah-tengah saja.


Baca juga : Cara Menulis Cerpen yang Baik dan Benar

Comments are closed.