Cara Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis

Cara Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis

Cara Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis – Daftar pustaka website tanpa nama penulis? Pernah menemuinya? Sepertinya memang sudah banyak yang menemui kasus seperti ini. Apalagi jika Anda sedang menulis sebuah karya ilmiah, buku, skripsi, dan sejenisnya. Dengan banyaknya informasi di internet, internet menjadi tempat yang paling dicari oleh masyarakat sebagai bahan referensi.

Sayangnya kemudahan dalam mengakses informasi di internet tidak semua link website mencantumkan nama penulis. Padahal untuk mendapatkan karya original, kita perlu mencantumkan sumber yang akurat supaya tidak dicap plagiat. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara menuliskan daftar pustaka website tanpa nama penulis. Tenang saja, kami di sini akan membantu Anda dalam mengutip dalam bentuk gaya MLA, APA dan Chicago.

Namun sebelumnya, ingat-ingat terlebih dahulu komponen sederhana urutan dalam penulisan daftar pustaka.

  • Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  • Tahun, tanggal dan bulan penulisan yang tercantum di situs (diberi tanda kurung)
  • Judul tulisan diberi huruf miring.
  • Tanggal, bulan dan tahun Akses (yaitu tanggal, bulan dan tahun ketika kita mengakses situs tersebut)
  • Nama website (yaitu nama yang ada pada domain[.]com)
  • Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator). URL bisa juga disebut alamat panjangnya website, Contohnya seperti ini: http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Baik, jika sudah menguasai komponen dalam daftar pustaka, saatnya kita mengulas cara menulis daftar pustaka website tanpa nama penulis. Ada tiga jenis gaya penulisan daftar pustaka website tanpa nama penulis, yakni bentuk haya MLA, APA, dan Chicago. Mari kita ulas satu-satu.

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis dengan Gaya MLA

Langkah pertama dalam mengutip gaya MLA adalah kutiplah situs web dengan 1 penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan. “Judul halaman.” Judul situs Institut yang mendukung/penerbit, tanggal publikasi. Bentuk (atau medium), tanggal diakses.

Contoh:

Smith, John. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Kemudian, kutip situs web dengan lebih dari satu penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan (dari penulis dengan sesuai abjad), Nama depan, Nama belakang (dari penulis kedua). “Judul halaman.” Judul Situs Institusi yang mendukung/Penerbit, Tanggal Publikasi. Bentuk(atau medium), tanggal diakses. Anda juga bisa menggunakan “et.al” jika Anda tidak ingin mencantumkan seluruh penulis.

Contoh dengan dua penulis:

Smith, John, dan Jane Doe. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Contoh tiga penulis:

Smith, John, Jane Doe, dan Bob LaBla. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Contoh ‘et al.’:

Smith, John, et al. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Sementara jika Anda ingin  membuat daftar pustaka website tanpa nama penulis. Cantumkan: “Judul halaman.” Judul situs Institusi yang mendukung/Penerbit, Tanggal Publikasi. Bentuk (atau medium), tanggal diakses.

Contoh:

“The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Terakhir, jika Anda ingin menulis daftar pustaka website tanpa nama penulis yang dibuat oleh organisasi atau lembaga berita. Cantumkan : Nama organisasi. “Judul halaman”. judul situs.institusi pendukung/penerbit, Tanggal publikasi. Medium atau bentuk. Data diakses. Ingat untuk menghilangkan awalan (misal dalam bahasa Inggris, A, An, The etc) dari nama organisasi. Misalnya The Associated Press menjadi Associated Press.

Contoh:

Associated Press. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. Captain Obvious Inc., 1 Sep. 2012. Web. 3 Sep. 2013.

Cara Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis dengan Gaya APA

cara menulis daftar pustaka dari website pemerintah

Daftar pustaka website tanpa nama penulis selanjutnya dengan gaya APA. Hampir sama dengan sebelumnya, susunan gaya APA yakni dengan mencantumkan: Nama belakang, nama depan. (tanggal publikasi). Judul halaman. Judul Situs. Tanggal mengakses dari alamat web. Jika tidak ada tanggal publikasi, tulis ‘n.d.’[4]

Contoh:

Smith, J. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Contoh situs web tanpa tanggal publikasi:

Smith, J. (n.d.). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Sementara jika Anda ingin mengutip situs dengan dua atau lebih penulis. Cantumkan: Nama belakang, inisial nama (dari penulis pertama), & Nama belakang, inisial pertama (dari penulis kedua atau terakhir). (Tanggal Publikasi). Judul Halaman. Judul Situs. Tanggal diakses, dari alamat web.Pastikan untuk selalu menggunakan tanda “&” daripada menulis “dan”. Jika ada enam atau lebih dari enam penulis, Andabisa menggunakan ‘et al’.

Contoh dengan dua penulis:

Smith, J., & Doe, J. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Lain halnya lagi ketika Anda ingin mencantumkan daftar pustaka website tanpa nama penulis, dengan tiga penulis: Smith, J., Doe, J., & LaBla, B. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/JohnSmith

Kemudian daftar pustaka website tanpa nama penulis. Cantumkan: Judul halaman (tanggal penerbitan). Judul situs. Tanggal diakses, dari alamat web.

Contoh:

The Sky is Blue. (1 Sep. 2012). ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/TanpaPenulis

Mengutip daftar pustaka website yang dibuat oleh organisasi atau lembaga berita. Cantumkan: Nama organisasi. (tanggal publikasi). Judul Halaman. Judul Laman. Tanggal diakses, dari alamat web.[6]

Contoh:

Associated Press. (1 Sep. 2012). The Sky is Blue. ObviousObservations.com. Diakses tanggal 3 Sep. 2013, dari www.obviousobservations.com/Associated

Menulis Daftar Pustaka Website Tanpa Nama Penulis dengan Gaya Chicago

Menulis daftar pustaka website tanpa nama penulis caranya yakni, cantumkan: Nama pemilik situs. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses). Hal ini sama dengan jika tanpa penulis, namun artikel dibuat oleh organisasi atau lembaga berita.

Contoh:

Obvious Network. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Diakses September 3, 2013).

Sementara jika ingin menulis daftar pustaka website dengan satu penulis. Cantumkan: Nama belakang, nama depan. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses).

Contoh:

Smith, John. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Diakses September 3, 2013).

Mengutip situs web dengan dua atau lebih penulis. Cantumkan: Nama belakang, Nama depan, dan nama depan nama belakang (dari penulis kedua).”Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses. Untuk situs dengan lebih dari dua penulis, cantumkan seluruhnya, dengan menaruh koma antar penulis)

Contoh dengan dua penulis :

Smith, John, dan Jane Doe. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (diakses September 3, 2013).

Contoh dengan tiga atau lebih penulis :

Smith, John, Jane Doe, dan Bob LaBla. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (diakses September 3, 2013)

Demikian rangkuman cara membuat daftar pustaka website tanpa nama penulis. Saat membuat daftar pustaka ini, pastikan Anda mem-bookmark situs pada komputer Anda atau memiliki kopi dari tiap artikel yang ada kutip dari internet untuk catatan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengecek kembali informasi dengan efisien. Dengan begitu Anda bisa membuat daftar pustaka dengan rapi.


Baca juga : Cara Menulis Cerpen yang Baik dan Benar

Comments are closed.