Cara Menjadi Penulis Puisi yang Berkesan

Cara Menjadi Penulis Puisi yang Berkesan

Cara menjadi penulis puisi. Puisi merupakan karya sastra yang cukup diminati banyak orang. Namun membuat puisi yang bagus tidak bisa sembarangan, apalagi perlu pemilihan diksi yang unik sehingga membuat kita ngeh dan tereyuh dengan puisi tersebut.

Puisi adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan. Isi dari pesan ini bisa berupa suatu ungkapan atau sebuah pesan dari seseorang ke orang lain atau ke khalayak. Menulis puisi merupakan salah satu bentuk ekspresi yang diungkapkan oleh penulis, bisa bersumber dari inspirasi atau gagasan pikiran penulis.

Indonesia memiliki sejumlah sastrawan puisi yang terkenal dengan karyanya yang terkenang hingga sekarang. Sebut saja, Djoko Damono, Chairil Anwar, ataupun WS. Rendra. Puisi-puisi indah tercipta dari tangan mereka seperti puisi “Aku Ingin” dari Supardi Djoko ataupun puisi “Sajak Putih” dari Chairil Anwar.

Tidak itu, adanya puisi juga dapat mempengaruhi feel dari sebuah film. Tidak sedikit film-film Indonesia yang mencantumkan karya puisi untuk menambah estetika dan kedalamana pada tiap adagan. Sebut saja puisi Rangga dan Cinta di Film Ada Apa Dengan Cinta yang berjudul “Tentang Seseorang”. Bagi generasi milenials tentu sudah tidak asing lagi dengan kalimat “Pecahkan saja gelasnya biar ramai,

biar mengaduh sampai gaduh,”. Dengan adanya puisi tersebut membuat feel Film Ada Apa Dengan Cinta semakin terasa. Perpaduan cerita yang pas dengan diksi puisi yang menempel sepanjang masa.

Tapi diakui memang tidaklah mudah menyusun kata demi kata dalam puisi. Perlu keahlian dan rasa yang kuat supaya puisi benar-benar masuk ke relung jiwa. Beberapa cara menjadi penulis puisi berikut ini bisa membantu Anda untuk membuat puisi yang bagus. Baca sampai habis ulasannya, ya.

 

6 Cara Menjadi Penulis Puisi :

Cari Tema dan Inspirasi

Seperti penjelasan sebelumnya, puisi merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Tidak melulu soal cinta, tapi banyak hal yang bisa disajikan melalui puisi. Di jaman penjajahan ataupun orde baru dulu, puisi merupakan media untuk menyampaikan pendapat, perlawanan, hingga kritik terhadap pemerintah. Cara menjadi penulis puisi yang bisa dilakukan pertama-tama adalah mencari inspirasi.

Cari tahu dulu apa yang ingin Anda tulis. Tema apa yang ingin Anda sampaikan. Anda bisa mencari inspirasi dari lingkungan sekitarmu, dari cerita temanmu, dari pengalaman pribadimu. Memejamkan mata, berjalan di taman, menikmati pemandangan bisa menjadi salah satu sumber ide pembuatan puisi muncul.

Setelah Anda menemukan sesuatu untuk puisi Anda, cara menjadi penulis puisi yang selanjutnya dengan menentukan tema dalam puisi Anda. Misalnya puisi tentang perasaan cinta seseorang yang sangat dalam. Usahakan untuk lebih spesifik agar pembuatan bait puisi kamu berada dalam jalur yang sesuai dengan tema. Setelah itu Anda bisa mengekplorasi kata kunci apa yang berhubungan dengan tema tersebut. Misalkan perlawanan, Anda bisa mengembangkannya dalam sebuah atau beberapa larik puisi.

Gali Kreativitas

Cara menjadi penulis puisi yang kedua adalah dengan menggali kreativitas. Jika Anda telah memiliki kreativitas dalam menyusun kata, maka membuat puisi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Menulis puisi sering kali tercipta dari atau dua baris bait tulisan acak dan kadang tidak begitu jelas. Namun selanjutnya Anda harus bisa mencoba menambahkan dengan menulis kata atau kalimat yang berhubungan dengan kalimat acak tadi.

Misal,

Semua perihal diciptakan sebagai batas

Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain

Hari ini membelah membatasi besok dan kemarin

Besok batas hari ini dan lusa

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kalimat acak supaya kita bisa melanjutkan puisi tersebut:

  • Cari dan perhatikan beberapa karya puisi, dari berbagai sumber yang berbeda. Lalu ambil beberapa kalimat dari puisi-puisi tadi serta coba fokus untuk mencocokkan beberapa kalimat yang bisa berhubungan erat dengan kalimat acak yang Anda buat tadi.
  • Tuliskan apapun kata atau kalimat dan frase yang muncul di kepala saat Anda memikirkan ide tersebut. Biarlah mengalir apa adanya, tulislah kalimat apapun yang muncul spontan dari dalam hati Anda.
  • Jika Anda menyadari, dari kalimat acak yang Anda buat pertama tadi kira-kira tema apa yang ada di dalamnya.

Membaca dan Mendengarkan

Cara menjadi penulis puisi yang handal selanjutnya yakni dengan membiasakan membaca dan mendengarkan. Dengan sering membaca puis, kosakata Anda akan semakin banyak untuk menyusun sebuah puisi dan akan mempermudah Anda dalam menciptakan ide. Tidak selalu dengan membaca puisi, Anda bisa mencari ide dengan mencari lirik lagu favorit Anda dan baca liriknya layaknya Anda membaca puisi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak ide untuk menciptakan puisi karya sendiri.

Selain itu banyak puisi-puisi yang bisa langsung Anda dengarkan saat ini. Anda bisa mencarinya di internet, atau membeli CD Mp3 khusus puisi di toko-toko buku. Perhatikan dan coba dengarkan dengan serius dan fokus kata-kata dalam puisi tersebut.

Cara Menjadi Penulis Puisi : Gaya Bahasa

Setelah Anda mendapatkan inspirasi, langkah selanjutnya cara menjadi penulis puisi handal yakni dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik. Salah satunya gaya bahasa yang bisa kamu gunakan adalah majas. Ada berbagai macam majas yang bisa Anda gunakan seperti majas perbandingan, personifikasi, atau majas metafora.

Contoh majas perbandingan

Rambutnya bak mayang yang terurai

Contoh majas personfikasi

Langit sedang berbisik rinduku padamu

Gaya bahasa juga berhubungan dengan diksi dan rima. Cara menjadi penulis puisi yang handal akan memperhatikan diksi dan rima dengan baik. Sebab diksi rima merupakan kunci membuat puisi. Puisi yang bagus tentunya terdiri dari pemilihan kata yang sederhana namun bermakna.

Anda juga bisa menggunakan diksi dengan kata yang jarang di dengar dalam dialog sehari-hari, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan diksi kata-kata yang sering digunakan dalam sehari-hari.

Puisi akan terlihat lebih menarik dengan rima a-b-a-b, ataupun rima yang lain. Rima sangat berguna untuk pembacaan puisi yang lebih tertata. Pembuatan rima bisa merangsang sisi kreativitas untuk mencari kata-kata lain agar dapat memenuhi lantunan di kata sebelumnya.

Pilih Kata-Kata yang Tepat

Saat Anda sudah menulis sebuah kalimat dalam puisi, maka langkah selanjutnya lakukan pemisahan kata-kata yang dianggap kurang penting. Lalu ambil kata yang mengandung makna puisi lebih mendalam. Pilihlah kata tersebut dengan teliti.

cara membuat puisi untuk lomba

Perbedaan antara kata yang berbunyi sama atau sinonim dapat mengarah pada permainan kata yang lebih menarik. Jika sudah memisahkan dan mengambil kata yang mempunyai makna puisi yang lebih mendalam, saatnya Anda kembali menggabungkan beberapa kata hasil seleksi tersebut. Gabungkan hingga menjadi kalimat yang sempurna.

Kemudian cek lagi, baca lagi. Apakah sudah pas untuk menjadi rima yang bagus. Jika belum, pisahkan lagi kata yang tidak terpakai, lalu tambahkan lagi kata-kata yang lain jika ada kalimat yang menurut Anda kurang enak dibaca. Anda tentunya ingin terus memperbaiki puisi Anda hingga memiliki struktur kata yang kuat dan bermakna.

Cara Menjadi Penulis Puisi : Jangan Ceramah

Cara menjadi penulis puisi selanjutnya yakni dengan tidak membuat puisi Anda terasa seperti ceramah. Jangan merusak puisi Anda dengan berceramah sehingga merebut hak pembaca untuk menyimpulkan karya Anda. Banyak puisi bagus yang gagal karena si penyair tergoda untuk berceramah dan menyimpulkan sendiri puisi tersebut di ending-nya. Salah satu nafsu negatif pengarang adalah keinginan yang sangat besar untuk menyimpulkan sendiri pesan atau amanat dari karya-karyanya.

Padahal, menyimpulkan bacaan adalah bagiannya pembaca. Jangan bernafsu untuk menjadi nabi atau penceramah dalam tulisan Anda. Jangan menceramahi pembaca lewat karya. Biarkan pembaca berimajinasi. Jangan merebut hak pembaca untuk menyimpulan sendiri apa yang mereka baca.

Demikian cara menjadi penulis puisi yang bisa Anda coba mulai hari ini. Sebuah puisi bagus tidak akan pernah menjadi ada tanpa ada uji coba. Jangan takut untuk mencoba menulis puisi apapun hasilnya. Jika masih belum sempurna, bisa Anda coba lagi dan lagi. Yang terpenting cara menjadi penulis puisi adalah mau mencoba dan terus mengeluarkan karya.


Baca juga : Penulis Online – Cara Supaya Naskah Diterima Penerbit dan Agen Artikel

Comments are closed.