Cara Menjadi Penulis Best Seller Ala Tere Liye

Cara Menjadi Penulis Best Seller Ala Tere Liye

Cara menjadi penulis best seller. Apakah menjadi penulis itu mudah? Jawabannya tentu tidak. Apalagi jika Anda ingin menjadi seorang penulis best seller seperti Tere Liye. Siapa sih yang tidak tahu Tere Liye?

Tere Liye menjadi salah satu penulis best seller di Indonesia. Sudah banyak novel karya Tere Liye yang telah diterbitkan dan menjadi sangat terkenal. Beberapa karyanya yang pernah diangkat ke layar kaca yaitu Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Bisakah Anda menjadi penulis seperti Tere Liye? Jawabannya tentu bisa.

Cara Menjadi Penulis Best Seller yang Hebat

Harus diawali dari niat diri sendiri dan kepandaian dalam manajemen waktu. Menulis bukan perkara yang mudah, namun juga bukan perkara yang sulit. Kuncinya adalah kita harus menikmati apa pun yang kita lakukan. Apabila kita sudah menyenangi dunia kepenulisan, maka kita akan mampu menghasilkan karya yang diminati banyak orang atau best seller. Untuk mewujudkan impian tersebut banyak cara yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Tulis Topik Apa Saja, Asal Sudut Pandangnya Berbeda

Poin pertama untuk cara menjadi penulis best seller ala Tere Liye adalah dengan cara tulis dulu apa saja topik yang ingin Anda tulit. Topik dapat ditulis dengan sudut pandang berbeda. Sudut pandang yang unik dan spesial menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Apabila sebuah karya termasuk sebuah buku fiksi atau non-fiksi, tampak sama (umum) seperti kebanyakan buku-buku lainnya, maka tak ada keunikan yang menarik perhatian.

“Tema cinta itu ada cowoknya dan ada ceweknya, lalu ada orang ketiga, terus berantem. Tapi kenapa sebuah novel jadi istimewa, banyak pembacanya, bagus, dan bisa best seller? Itu karena sudut pandang yang unik dari pengarangnya. Jadi tugas kamu adalah menemukan sudut pandang yang berbeda,” terang Tere Liye yang diamini para peserta.

 

  1. Menulis Kalimat Pertama Tak Harus Banyak Berpikir

Dilansir dari berbagai macam sumber, cara menjadi penulis best seller ala Tere Liye yakni dengan pola kalimat pertama yang tak harus banyak berpikir. Bagi pengarang best-seller ini, mencatat kalimat atau paragraf kesatu tak perlu tidak sedikit dipusingkan. Yang sangat penting ialah melanjutkannya, dan sebagai tambahan, hapus kalimat atau paragraf kesatu yang ditulis asal.

“Saya bila menulis di paragraph mula itu asal-asalan saja. Nanti bila sudah jadi sejumlah paragraf panjang, baru saya hapus kalimat kesatu tadi. Ini pernah saya kerjakan dalam mencatat novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu,” ucap Tere Liye.

 

  1. Gaya Bahasa Mengikuti Kebiasaan Menulis

Soal gaya bahasa, Tere Liye berbagi tips bahwa gaya bahasa harus mengikuti kebiasaan menulis si penulis.  Bagi Tere Liye, gaya bahasa pun tak perlu tidak sedikit dipikirkan. Selama kita rajin mencatat secara konsisten, maka gaya bahasa bakal terlatih dengan sendirinya.

Pada beberapa kesempatan wawancara, Tere Liye menjelaskan bahwa soal gaya menulis terbentuk sendirinya. Caranya dengan rajin menulis. “Sedangkan bila untuk menuntaskan sebuah naskah novel, bila memang mentok, bingung mau mencatat apa lagi, ya, telah tuliskan saja di bawah naskah tersebut TAMAT. Selesai telah novel kamu. Novel Hapalan Sholat Delisa pun begitu. Bingung saya inginkan melanjutkan ceritanya saat di halaman 50-an, ya, telah saya ketik saja TAMAT,” ucap Tere Liye menciptakan audiens tertawa.

 

  1. Cara Menjadi Penulis Best Seller : Telaten Menulis

Cara menjadi penulis best seller dapat dilihat dari jam terbang seorang penulis. Satu-satunya cara supaya jam terbang dalam menulis terasah ya dengan latihan menulis secara telaten. Hal ini juga dilakukan oleh Tere Liye. Tere Liye memperkuat saran ini dengan pengalamannya saat mengikuti seminar, dan memperlihatkan saran konsistensi ini dengan karya-karya best-seller-nya.

“Izinkan saya menuliskan ini untuk kalian semua. Karena saya dulu saat mengikuti seminar menulis, saya tanya pada pengarang itu, bagaimana menjadi seorang pengarang yang hebat? Jawabannya ialah latihan… latihan… dan latihan. Maka kini pun saya katakan lagi pada kalian, latihan… latihan… latihannn,” pesan Tereliye dibeberapa kali seminar yang diadakan.

Menulis tersebut tampak gampang dari luar. Namun dari dalam, menulis dapat menjadi pekerjaan yang menguras tidak sedikit pikiran. Terlebih untuk penulis pemula, yang pastinya membutuhkan pertolongan lebih tidak sedikit dari mereka yang lebih berpengalaman, tergolong Tere Liye.

 

  1. Menguasai Teknik Editing

Rahasia cara menjadi penulis best seller selain enak dibaca, ternyata juga minim terjadi kesalahan. Mulai dari kesalahan ejaan, kesalahan tulis, atau kesalahan menyusun kalimat. Jika Anda merasa tidak sanggup, Anda bisa mengunakan jasa editor. Setidaknya seorang editor akan mengoreksi tulisan-tulisan, baik terjadinya kesalahan ataupun  kekurangan dalam menulis.

Biasannya, khusus penerbit mayor sudah ada tim editor. Tugasnya sama, mengarahkan dan mengedit buku anda. Jadi Anda bisa bekerjasama langsung dengan editor dari penerbitnya. Biasannya, untuk biaya jasa pun sudah paket dengan penerbitan. Umumnya, editor buku dari penerbit asal, memiliki informasi, pengayaan dan standar tersendiri setiap kali mengedit naskah.

cara membuat novel

Peran editor pun juga bisa tahu peluang dan kemungkinan buku apakah menjadi best seller atau tidak. Sekali lagi, pastikan buku yang Anda tulis idenya orisinal. Agar ketika disebar di pasar pun buku Anda menjadi best seller yang benar-benar berbeda dari buku pada umumnya.

 

  1. Tentukan Judul yang Tepat

Cara menjadi penulis buku best seller ala Tere Liye selanjutnya adalah membuat judul pas. Pas dalam hal ini adalah judul buku yang mencerminkan isi buku. Coba saja lihat judul-judul yang pilih seperti “Hujan”, “Ayahku Bukan Pembohong”, “Hafalan Surat Delisa”, secara sepintas judul-judul tersebut terasa biasa namun bersifat menjual. Jadi, tidak hanya isi buku yang harus memiliki ruh, tetapi judul pun juga harus mengandung emosi dan impresi agar lebih greget. Buat judul yang memiliki efek sugestif kepada calon pembacanya. Secara tidak langsung, judul menjadi iklan utama yang akan mempengaruhi pembaca akan membeli buku Anda atau tidak. Jika judul buku tidak menjual, maka buku Anda pun juga akan mempengaruhi animo masyarakatnya.

 

  1. Menguasai Cara Pemasaran yang Tepat

Cara menjadi penulis best seller tidak lepas dari penjualan buku yang laris. Tidak hanya konten dari buku saja yang menarik minat orang untuk membaca buku Anda, tapi strategi pemasaran juga perlu diperhatikan. Strategi pemasaran di jaman digital seperti ini Anda bisa menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Anda bisa mulai membangun branding dan gimmick pada buku Anda, tujuannya supaya calon pembaca penasaran dan ingin tahu lebih  banyak lagi tentang isi buku. Anda juga bisa mengadakan meet and great dan bedah buku untuk bertemu langsung dengan pembaca. Jika semuanya bisa berjalan dengan baik dan buku Anda laris di pasaran, cara menjadi penulis best seller tidak lagi hanya isapan jempol saja.

 

  1. Cara Menjadi Penulis Best Seller : Berani Berkolaborasi

Berani berkolaborasi adalah salah satu cara untuk menjadi penulis best seller. Selain membuat penulisan menjadi lebih cepat selesai, tulisan yang dilakukan dengan kolaborasi bersama penulis lain akan mendongkrak nama dan kredibilitas. Beberapa kali kita bisa melihat Tere Liye melakukan kolaborasi dengan penulis atau komunitas.

Kolaborasi di sini juga tidak hanya kolaborasi untuk menulis bersama atau memiliki partner menulis, namun juga berkolaborasi dengan memiliki mentor, atau bergabung dengan komunitas-komunitas kepenulisan. Ini bisa menjadi sebuah sarana yang ampuh agar kita bisa menjadi penulis best seller.

Itulah cara menjadi penulis best seller ala Tere Liye yang Anda coba.Ingat ulasan di awal, untuk menanamkan sugesti positif dan menulis itu mudah. Agar selama action pun juga mudah. Karena apa yang kita kerjakan sebenarnya bergantung pada apa yang kita pikirkan. Semoga ulasan ini bermanfaat.


Baca juga : Penulis Online – Cara Supaya Naskah Diterima Penerbit dan Agen Artikel

Comments are closed.