Cara Membuat Cerpen Menarik Untuk Dibaca

Cara Membuat Cerpen Menarik Untuk Dibaca

Cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca. Anda ingin  membuat cerpen yang menarik? Tentu semua penulis ingin hal yang sama. Dalam menulis cerpen berbeda dengan menulis novel, keterbatasan kata dalam cerpen membuat seorang penulis cerpen harus cerdas dalam mengolah cerita. Tidak hanya soal cerita, namun juga bagaimana menentukan sudut pandang yang singkat, jelas, dan padat.

Umumnya cerpen ditulis untuk dibaca orang lain alis pembaca. Supaya tujuan itu tercapai maka menarik menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi sebuah cerpen. Cerpen yang menarik biasanya akan disukai pembaca.

Berikut beberapa tips cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca :

  1. Penggunaan bahasa yang bening
  2. Judul yang unik
  3. Paragraf pembuka yang membuat penasaran
  4. Konflik yang menegangkan
  5. Cerita harus real
  6. Kesan Selesai
  7. Ending yang mencengangkan

1. Bahasa

Cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca dimulai dari penggunaan bahasa yang bening. Bahasa yang bening adalah bahasa yang digunakan secara efektif. Bahasa yang mampu mewakilkan realitas fiksi yang dibangun. Bahasa yang tidak bertele-tele dan mubazir. Bahasa yang pas, tak masalah pendek atau panjang, dibaca tetap enak dan bermakna. Jika kita sudah dapat menggunakan bahasa yang baik maka cerpen Anda akan lebih menarik dibaca.

2. Judul

Judul yang unik berkaitan dengan pemilihan kata. Hal ini juga salah satu cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca. Judul bisa terdiri dari satu kata, bisa juga terdiri lebih dari empat kata. Tanda bahwa sebuah judul menarik adalah pembaca sudah suka padahal baru membaca judulnya saja.

3. Pembuka

Paragraf pembuka mengawali sebuah cerpen setelah judul. Paragraf pembuka terdiri dari beberapa kalimat yang hendaknya ditulis dengan cermat. Cermat dalam memilih kata-kata yang membawa pembaca ingin melanjutkan lebih jauh lagi cerpen yang sedang dibacanya. Pembaca merasa penasaran.

cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca

Tidak lupa dalam menulis cerpen, cerita pendek harus mengalir dalam arus untuk menciptakan efek tunggal dan unik. Di dalam cerita pendek tak dimungkinkan terjadi aneka peristiwa yang berbeda-beda.

4. Konflik

Isi sebuah cerpen pada dasarnya merupakan sebuah konflik. Bisa konflik secara fisik maupun psikis. Perkelahian, pertengkaran merupakan beberapa contoh konflik fisik. Pertentangan batin, perbedaan pemikiran dan pandangan merupakan beberapa contoh konflik psikis atau batin.

5. Meyakinkan

Cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca selanjutnya yakni cerita pendek harus mampu meyakinkan pembacanya bahwa ceritanya benar-benar terjadi, bukan suatu bikinan, rekaan. Itulah sebabnya dibutuhkan suatu keterampilan khusus, adanya konsistensi dari sikap dan gerak tokoh, bahwa mereka benar-benar hidup, sebagaimana manusia yang hidup. Ya, meskipun merupakan hasil dari imajinasi dan fantasi tetapi harus juga logis atau masuk akal.

meyakinkan penulis

Selain itu, cerita pendek harus ketat dan padat. Setiap detil harus mengarus pada satu efek saja yang berakhir pada kesan tunggal. Oleh sebab itu kata dan kalimat harus dibuat seirit mungkin. Membuat tulisannya menjadi ekonomis adalah salah satu keterampilan yang dituntut bagi seorang cerpenis.

5. Selesai

Supaya cerpen menjadi menarik untuk dibaca, cerita pendek harus menimbulkan kesan yang selesai, tidak lagi mengusik dan menggoda, karena ceritanya seperti masih berlanjut. Kesan selesai itu benar-benar meyakinkan pembaca, bahwa cerita itu telah tamat, sampai titik akhirnya, tidak ada jalan lain lagi, cerita benar-benar rampung berhenti di situ.

6. Ending

Ending merupakan bagian akhir cerpen yang penting. Terkadang pembaca terkenang-kenang pada ending yang mencengangkan. Ending semacam itu bisa berupa open ending, ending yang mengagetkan, dan ending yang ambigu.


Comments are closed.